Latest News

Monday, 15 July 2019

EGY USFUNAN DUKUNG DINAS P & K TTS TINGKATAN BUDAYA LITERASI


TTS, CAKRAWALANTT.COM – Ketua Komisi  IV DPRD Kabupaten TTS, Relygius L. Usfunan, mendukung upaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten TTS dalam meningkatkan budaya literasi di Kabupaten TTS. Hal ini disampaikan anggota dewan tersebut di ruang kerjanya, Senin (15/7/2019) ketika dimintai pendapat terkait terobosan yang tengah dilakukan Dinas P dan K Kabupaten TTS dalam bidang literasi, khususnya peningkatan mutu guru melalui bimbingan teknis karya ilmiah.

“Kami sebagai wakil rakyat khususnya yang membidangi kesra yang di dalamnya ada pendidikan, tentunya hal-hal yang positif terkait dengan peningkatan mutu guru terkait dengan penulisan karya ilmiah populer, PTK dan PTS  tentunya kami sangat mendukung. Kita pastinya secara politik yang menjadi fungsi dan tugas kami sebagai  DPR pasti kami harus lakukan, dan kami juga berterima kasih kepada Media Pendidikan Cakrawala NTT yang berinisiatif membantu dunia pendidikan di Kabupten TTS melalui peningkatan budaya literasi dalam hal ini membaca dan menulis bagi tenaga pendidik maupun peserta didik,” ungkap Egy, sapaan akrabnya.

Lebih lanjut Ketua Fraksi PKB DPRD Kabupaten TTS ini menilai langkah yang dilakukan Dinas P dan K bersama Media Pendidikan Cakrawala NTT merupakan hal yang sangat positif untuk membangun dunia pendidikan terutama membangun SDM di Kabupaten TTS yang lebih baik ke depan. Dirinya juga  mendukung kegiatan ekstrakurikuler yang berhubungan dengan  pendidikan seni, baik itu seni tari, seni suara serta kegiatan seni lainnya yang terkait di dalam. Menurutnya, pendidikan seni merupakan suatu hal yang sangat penting karena bukan saja sebagai hiburan semata tetapi itu guna meningkatakan minat dan bakat  para peserta didik dan juga masyarakat lainnya. Sebagai wakil rakyat, ia bertekad akan terus mendorong agar kegiatan positif semacam itu terus dilaksanakan secara berkelanjutan karena selain meningkatkan minat dan bakat, juga menjadi hiburan yang dapat mendukung ekonomi rakyat.

Terkait komitmen Dinas P dan K untuk menjadikan TTS sebagai Kabupaten Literasi, dirinya juga sangat mendukung, namun ia menyarankan agar sebelum TTS dideklarasikan sebagai Kabupaten Literasi, perlu da persiapan diri agar ke depan jangan hanya disebut sebagai Kabupaten Literasi tetapi tidak ada kegiatan berbau literasi yang mendukung.

“Oleh karena itu tentunya kita akan mendukung terus kegiatan ini guna peningkatan literasi dasar dalam hal ini mambaca dan menulis bagi para guru dan juga peserta didik agar terus ditingkatkan serta seluruh masyarakat Kabupaten TTS agar terus menjadikan literasi sebagai  kebutuhan dalam hidupnya. Sebelum ada deklarasi sebagai Kabupaten Literasi, perlu juga ada kajian–kajian dari awal sehingga kita tidak hanya sekedar untuk bagaimana menjadi Kabupaten Literasi tetapi aksi nyata itu yang sangat dibutuhkan. Oleh karena itu kami akan terus mendukung tetapi perlu juga untuk dipersiapkan secara baik sehingga nantinya Kabupaten TTS menjadi salah satu Kabupaten Literasi di NTT agar ada aktifitasnya,” harapnya. (la/rf/red)


comments

No comments:

Post a Comment