Latest News

Wednesday, 26 June 2019

EDISON BOIMAU: JANGAN BERHENTI MENULIS


TTS, CAKRAWALANTT.COM –Selama ini kami menganggap bahwa membuat tulisan artikel itu sangat sulit, ternyata kami dilatih dengan kegiatan bimtek ini. Kami bisa terampil untuk menulis artikel dan menulis yang lainnya. Dalam kegiatan bimtek kali ini  kami merasa dicerahkan lagi, tentang bagaimana membuat sebuah tulisan.”

Hal ini disampaikan oleh Ketua MKKS SMP se-Kabupaten TTS, Edison M. S. Boimau, S.Pd saat diwawancarai setelah kegiatan bimbingan teknis terakhir terkait penyusunan proposal karya ilmiah populer, PTS, dan PTK, Rabu (26/6/2019) di  SMP Kristen 3 Soe.

Edison menghimbau para peserta untuk terus membaca dan menulis. Baginya, mutu pendidikan pasti berubah ke arah yang lebih baik lagi.

“Setelah mengikuti kegiatan bimtek ini, himbaun saya kepada semua peserta kegiatan ini, supaya  jangan berhenti menulis, jangan berhenti meneliti, karena dengan meneliti mereka menulis, dengan menulis mereka membaca, kalau ini mereka lakukan dengan sungguh-sungguh mutu penddikan pasti berubah. Dengan membaca guru  menambah sumber dayanya,menambah kompetensinya, hingga guru tampil sebagai inspirasi bagi siswa, dan dengan sendirinya penigkatan mutu niscaya terjadi,” jelas Kepala SMP Negeri 1 Batu Putih ini.

Menurutnya, kegiatan bimtek menulis seperti ini sangatlah penting untuk diperhatikan khusus oleh para kepala sekolah dan Dinas Pendidikan Kabupaten TTS. Selain untuk peningkatan angka kredit bagi mereka yang berniat naik pangkat, juga sebagai peletak dasar Kabupaten TTS menjadi Kabupaten  literasi.

“Setelah ini kami akan sampaikan kepada pengawas binaan, nanti mereka turun ke sekolah-sekolah pada bulan Juli awal untuk adakan sosialisasi penyampaian kepada teman-teman sehingga yang belum ambil bagian itu mereka harus ambil bagian, kami juga segera melaporkan kepala dinas mengenai hasil kegiatan ini. Selain itu, kami meminta bantuan back up dari kepala dinas, sehingga tidak hanya SMP  yang terlibat, tingkat SD pun harus dilibatkan dalam kegiatan menulis ini, tuturnya.

Lebih lanjut, Edison mengajak para kepala sekolah dan guru yang belum mengikuti kegiatan bimtek untuk segera mengikuti kegiatan positif seperti ini.

Hanya saja, tidak semua kepala sekolah melibatkan diri dalam kegiatan ini. Dari 172 yang senang untuk mengikuti kegiatan ini hanya 41 kepala sekolah se-TTS,  sisanya ada 4 pengawas dan guru. Saya yakin dengan terealisasinya kegiatan ini, teman-teman guru dan kepala sekolah yang belum berkesempatan hadir, pasti dan harus mengikuti kegiatan seperti ini. Lebih dari itu, sampai saat ini teknis kegiatan dan lainnya berjalan dengan baik. Terima kasih kegiatan ini sudah terselesaikan dengan baik, saya ucapakan syukur atas  penyertaan Tuhan atas semua yang terjadi,” tutup Edison.

Kegiatan bimtek  terkait penyusunan proposal karya ilmiah PTS dan PTK ini berlangsung selama tiga hari, terhitung sejak tanggal 24-26 Juni 2019. Kegiatan positif ini diikuti oleh 71 peserta yaitu guru dan Kepala SMP se-Kabupaten TTS. Hadir sebagai pemateri, Valentina L. Tanate, S.Pd. (Kepala Kantor Bahasa NTT), Minhajul Ngabidin, S.Pd., M.Si. (Kepala LPMP NTB), Dr. Marsel Robot (Dosen Undana), Gusti Rikarno, S. Fil. (Pemimpin Umum Cakrawala NTT), Robert Fahik, S.Fil.M.Si. (Pemimpin Redaksi Cakrawala NTT). (AN/RZ)
comments

No comments:

Post a Comment