Latest News

Saturday, 13 April 2019

YAN KAHA PASTIKAN UN SMP DI TTU BERJALAN AMAN

TTU, CAKRAWALANTT.COM – Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Yahanes Lela Kaha, S.IP., Kamis (11/4) siang di ruang kerjanya memastikan pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMP/MTs bakal berjalan aman dan terkendali. Sekolah-sekolah penyelenggara UN baik berbasis komputer maupun pensil-kertas sudah pada siaga mensukseskan UN.

Kepada CAKRAWALANTT.COM, Yan Kaha ketika dimintai keterangannya soal persiapan pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMP/MTs mengakui tidak ada kendala. Gangguan listrik pada pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) khusus kelas komputer beberapa waktu lalu diyakini tidak akan terulang. Dinas Pendidikan segera berkoordinasi ke pihak PLN guna mewaspadai gangguan pemadaman listrik saat ujian berlangsung tidak terulang lagi.  

Ujian Nasional tingkat SMP/MTs secara nasional dijadwalkan pelaksanaannya pada 23,24,25 dan 27 April 2019 mendatang. Sebagai payung pendidikan di Kabupaten TTU, Dinas Pendidikan wajib  bertanggung jawab atas pelaksanaan UN. Begitu pula sekolah penyelenggara, komite sekolah, serta pihak terkait lainnya memiliki peran dan tanggung jawab yang sama.    

Lebih lanjut dirinya menyebutkan total peserta Ujian Nasional tingkat SMP/MTs di Kabupaten TTU Tahun Ajaran 2018/2019 berjumlah 5557 orang. Peserta Ujian Nasional berbasis pensil-kertas berjumlah 4271 orang dan 1286 lainnya melaksanakan ujian nasional menggunakan jasa komputer. 

Total SMP/MTs baik negeri maupun swasta di Kabupaten TTU, ungkapnya berjumlah 93 sekolah. Sekolah yang menyelenggarakan UN berbasis komputer (UNBK) sebanyak 12 sekolah dan 81 sekolah yang lainnya masih mengandalkan kertas dan pensil. Sekolah-sekolah yang melaksanakan ujian berbasis komputer sebut Yan antara lain  SMPN 1 Insana, SMPN 2 Insana, SMPN Oelneke, SMP Katholik Putri St. Xaverius Kefamenanu, SMPN Sta. Maria Bitauni, MTs Nurul Falah Kefa, SMPS Katholik Aurora dan beberapa sekolah lainnya di luar dan dalam kota. 

“Kabupaten TTU pada tahun sebelumnya menempati posisi utama penyelenggara UNBK. Mudah-mudahan dengan penambahan 8 sekolah UNBK dari sebelumnya hanya 4 sekolah, posisi kita di tahun ajaran 2018/2019 masih bertahan dalam lima besar sebagai sekolah penyelenggara UNBK di NTT,” harapnya. 

Ia menambahkan, bahan Ujian Nasional  sudah di distribusikan ke masing-masing daerah. Peserta UN diharapkan mempersiapkan diri secara baik dan siap untuk bertempur. (Gervas Salu)     
comments

No comments:

Post a Comment