Latest News

Saturday, 27 April 2019

PIMPINAN UMUM MPC NTT SERAHKAN BUKU KARYA GURU MANGGARAI TIMUR KEPADA KORWAS DAN MKKS


Manggarai Timur, CAKRAWALANTT.COM – Kamis (25/4/2019) bertempat di SMAS K Pancasila Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Pimpinan Umum Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT, Gusty Rikarno, S.Fil., secara resmi menyerahkan buku “Guruku Sayang, Guruku Hebat” kepada Koordinator Pengawas SMA/SMK Kabupaten Manggarai Timur, Lukas Sumba, S.Fil., yang selanjutnya diserahkan kepada Ketua MKKS Kabupaten Manggarai Timur, Aleks Naluk, S.Pd. Buku tersebut berisi tulisan para guru, kepala sekolah, dan pengawas SM/SMK Kabupaten Manggarai Timur, diterbitkan berkat kerja sama MPC NTT dengan MKKS Manggarai Timur.

Penyerahan  buku ini disaksikan oleh Formator MPC NTT wilayah Manggarai Timur, Ino Sengkang, S.Fil., Sekretaris MKKS, Ferdinandus Fifardin, S.Pd., dan puluhan kepala sekolah serta guru SMA/SMK.

Dalam sambutannya, Gusty Rikarno mengungkapkan, dari sekian daerah yang dikunjungi MPC NTT sejak 2013, Manggarai Timur telah mewujudkan mimpi bagaimana karya guru dipublikasikan dalam satu buku.

Puji Tuhan melalui wadah MKKS dan Korwas Kabupaten Manggarai Timur kita berani menciptakan karya yang bermartabat ini. Intinya kita sudah memberi bentuk dan isinya di dalam adalah murni tulisan dari bapak ibu guru yang diambil dari proses pendampingan dalam bimtek karya tulis ilmiah yang dijalankan selama ini oleh tim media pendidikan Cakrawala NTT di Manggarai Timur. Saya mendengar di beberapa daerah dan semoga tidak terjadi di Manggarai Timur bahwa ada yang menawarkan diri untuk menulis karya ilmiah atau PTK. Guru hanya membayar saja, terima jadi dan nantinya guru tersebut tidak mengetahui bagaimana menulisnya. Selain dapat pangkat, guru itu tidak berwibawa. Jangan sampai naik pangkat tanpa bukti fisik, “ tegas Gusty.

Ketua MKKS, Aleks Naluk, S.Pd., mengungkapkan kebanggaannya karena buku karya guru-guru Manggarai Timur diterbitkan dalam bentuk buku. Ke depan, tegasnya, para guru wajib berpartisipasi dalam menulis.

“Kita sendiri mesti berbangga, karena media pendidikan Cakrawala NTT adalah satu-satunya media yang menjawabi kebutuhan pendidikan. Hampir dua bulan tim Cakrawala NTT berkeliling ke sekolah-sekolah hingga ke Elar dan  Elar Selatan. Kehadiran Cakrawala NTT mendorong kita untuk lebih berkualitas. Kita patut berbangga, 1000 eksemplar buku tulisan kita sudah ada. Pada sisi yang lain, saya mau mengajak kita semua untuk terus membaca karena dengan membaca kita mampu menulis dengan baik. Apabila kita sering mengulangi kata yang sama itu artinya kita kekurangan kosa kata. Itu gambarnya kalau kita tidak sering membaca, selalu mengulangi kata-kata yang sama.

Sementara itu dalam sambutannya, Korwas SMA/SMK MAnggarai Timur, Lukas Sumba, S.Fil., mengatakan, penyerahan buku karya guru-guru Manggarai Timur sangat luar biasa karena ini merupakan karya Perdana. Ini adalah bukti nyata mengikuti program literasi bersama media pendidikan Cakrawala NTT di Manggarai Timur. Ke depan kita butuh kerjasama untuk membangun budaya literasi hingga menjadi kabupaten literasi,” tegasnya. (Ino Sengkang)


comments

No comments:

Post a Comment