Latest News

Monday, 7 January 2019

Siswa SMAN 1 Elar Ikut Retret


Manggarai, CakrawalaNTT.com – Jumat (4/1) hingga Minggu (6/1) sebanyak 113 siswa SMAN 1 Elar, Manggarai Timur mengikuti retret. Kegiatan rohani ini bertempat di Rumah Retret Bunda Karmel Wae Lengkas, Kelurahan Golo Dukal, Kabupaten Manggarai. Peserta retret dibimbing oleh Sr. Ignasia, O.Carm dan Sr. Maria Filomena, O.Carm, bersama Suster-Suster Puteri Karmel.

Sr. Ignasia, O.Carm, selaku pembimbing retret menyambut dengan sukacita peserta yang datang. Dirinya mengakui, perjalanan dari Elar menuju Ruteng merupakan perjalanan yang cukup jauh. Butuh waktu berjam-jam untuk tiba di tempat tersebut. Apalagi cuaca hujan.

“Terima kasih sudah menyempatkan waktu untuk berjalan, keluar dari rutinitas harian. Itulah maksud dari retret, menyediakan waktu untuk berefleksi, meditasi, dan berdoa agar kita sungguh mengalami ketenangan Batin. Seperti Yesus yang pada masa hidupnya selalu berjalan dan setia menarik diri dan pergi ke tempat  yang sunyi bersama para muridnya untuk berdoa," ungkapnya.

Sementara itu Kepala SMAN 1 Elar, Leonardus Jafar, S.Pd., menjelaskan, kegiatan retret merupakan bagian dari pembinaan rohani yang sudah dilaksanakan selama empat tahun. Kegiatan ini dikhususkan bagi siswa/i kelas XII.

“Tujuan diselenggarakan kegiatan retret adalah pertama, agar siswa/i menemukan jati dirinya. Penting bagi siswa/i untuk melihat siapakah dirinya? Apa tanggung jawabnya saat ini? Kedua, agar siswa/i mampu berpikir positif. Ketiga, agar siswa/i mengalami perubahan tingkah laku, perubahan sikap seperti siswa/i sering melanggar aturan sekolah, terlambat masuk sekolah, bolos, maupun melawan orang tua serta sering gaduh di masyarakat. Keempat, agar siswa/i mengalami kedamaian hati, fokus pikiran, mental demi mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional nanti," tuturnya.

Kegiatan ini disambut positif oleh siswa/i yang didampingi oleh enam guru pendamping antara lain Valentinus S.Fil., Fransiskus Ogis, S.Pd., Lusiana Alexandria Bon, S.Pd., Marianus Alfantil, S.Pd., dan Fransiskus X. Mesha, S.Pd. (Ino Sengkang/rf)

comments

No comments:

Post a Comment