Latest News

Thursday, 24 January 2019

9 Guru UPT Wilayah VIII Ikut Test Wawancara Jabatan Kepala Sekolah

Ende, CakrawalaNTT.com - Mengingat pendidikan adalah garda depan pembangunan bangsa maka dibutuhkan para manajer sekolah profesional yang memiliki komitmen yang kuat untuk mengelola dan membangun lembaga pendidikan. Karena itu, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur melalui Sekretaris Daerah Provinsi NTT memberikan kesempatan kepada para guru SMA/SMK/SLB untuk mengisi jabaan kepala sekolah melalui seleksi terbuka. Adapun seleksi tersebut dilalui melalui beberapa tahap yaitu pendaftaran, seleksi administrasi, seleksi melalui Test CAT, tahapan seleksi melalui presentasi visi-misi dan wawancara, dan pengumuman hasil seleksi.

Bertempat di Aula UPT Pendidikan Wilayah VIII Provinsi NTT, para peserta Seleksi Terbuka Jabatan Kepala Sekolah mengikuti tahapan lanjutan, Kamis (24/01/19). Tahapan lanjutan ini berupa presentasi visi-misi dan wawancara. 

Agus Ahab, S.Pd., M.Pd. selaku Ketua Tim Seleksi Kepala Sekolah untuk UPT Pendidikan Wilayah VIII yang mencakup Kabupaten Ngada, Negekeo, dan Ende, kepada Cakrawala NTT, menjelaskan bahwa tim seleksi yang ada sudah dan sedang bekerja secara maksimal dan profesional. Kiranya melalui sebuah rencana dan proses seleksi yang profesional ini dapat menemukan calon kepala sekolah yang diharapkan. Sosok manajer sekolah yang handal, professional, dan memiliki banyak terobosan untuk meningkatkan mutu pendidikan di daerah ini. 

“Kami sebagai anggota tim seleksi sudah dan sedang bekerja secara profesional. Kita semua berharap kiranya dari proses tahapan seleksi kepala sekolah ini, nantinya kita dapat kepala sekolah yang mengerti visi dan misi sekolah. Ia harus bekerja berdasarkan visi dan misi yang ditetapkan. Dia harus tampil sebagai manajer yang selalu hadir dan memberi contoh, semangat, dan teladan kepada semua komponen lembaga pendidikan agar mampu bekerja secara total dan profesional untuk mencetak generasi unggul yang bermutu dan berkualitas,” jelas Agus. 

Anastasia Waso, S.Pi.
Plt. Kepala UPT Wilayah VIII, Anastasia Waso, S.Pi. menjelaskan, proses pendaftaran dan  seleksi administrasi dibuka sejak tanggal 7-17 Februari 2019. Sementara seleksi Tes CAT berlangsung di SMAS Katolik Syuradiakra Ende pada tanggal 9 Januari dan tes wawancara berlangsung di Aula UPT Wilayah VIII pada tanggal 24 Februari 2019. 

Beberapa orang guru dalam wilayah Kabupaten Ende mengaku tidak mengetahui pengumuman seleksi terbuka kepala sekolah. Hal inilah yang menyebabkan mereka tidak ikut mendaftarkan diri guna mengikuti proses seleksi tahapan jabatan kepala sekolah khususnya di SMKN 6 Ende. Mengenai hal tersebut, Anas menegaskan bahwa informasi tentang seleksi terbuka ini sudah disampaikan ke semua kepala sekolah melalui Aplikasi WhatsApp pada Grup UPT dan grup MKKS SMA/SMK. 

Proses tahapan seleksi berupa presentasi visi-misi dan wawancara berjalan lancar. Setiap peserta berusaha menampilkan yang terbaik. Drs. Matias Sudin sebagai Plt. Kepala Sekolah SMAN 1 Bajawa sekaligus sebagai salah satu peserta calon kepala sekolah menyatakan siap untuk mengikuti proses seleksi ini. Ia bangga karena banyak guru SMAN 1 Bajawa ikut serta dalam proses seleksi ini. 

Pendaftar calon kepala sekolah ini didominasi oleh SMAN 1 Bajawa sebanyak tujuh orang yakni Marselina Ana Mali Muda, S.Pd., Lukas Ngiso Wea, ST., Petrus Emanuel Hurint Fernandes, S.Pd., Yokobus Beama Lengi, S.Pd., Drs. Matias Sudin, Kristan Andreas Dolo, S.Pd., dan Roy Xaldo Delvis Henuk, ST. Dua peserta lainnya berasal dari Kabupaten Nagekeo yakni Siprianus Laky Tay, S.Pd. (SMAN 2 Boawae), dan Paskalis Juani, S.Pt. (SMKN Aesesa Selatan). (GR)
comments

No comments:

Post a Comment