Latest News

Saturday, 18 August 2018

Rektor, Para Dosen, dan Ribuan Mahasiswa Undana Kupang Bersihkan Pantai

Kota Kupang, CakrawalaNTT.com - Dalam rangka memeriahkan HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia dan  menyongsong Dies Natalis yang ke-56, Rektor Universitas Nusa Cendana (UNDANA) Kupang, Prof. Ir. Frederik L. Benu, M.Si., Ph.D. bersama ribuan mahasiswa dari berbagai Fakultas yang ada turut membersihkan sampah di pinggiran pantai Kota Kupang. Yang menjadi fokus pembersihan adalah 16 lokasi tempat rekreasi yang tersebar di 13 kelurahan yang ada di Kota Kupang.  Kegiatan tersebut dibuka oleh Rektor Undana dan bertempat di Pantai Paradiso, Oesapa, Kota Kupang, Sabtu (18/08/2018). 

Fred Benu dalam sambutannya membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian Universitas Nusa Cendana Kupang kepada masyarakat. Kegiatan ini, lanjut Benu, juga mengangkat tema Lingkungan Bersih, Masyarakat Sehat

”Kita buat di ruang terbuka sehingga publik tahu bahwa Undana hadir bukan untuk Undana dan mahasiswa sendiri, tetapi Undana hadir untuk masyarakat umum dengan mengadakan kegiatan yang bermanfaat,” ungkap Fred Benu. 

Fred Benu juga menjelaskan bahwa peserta yang terlibat adalah mahasiswa baru, alumni, masyarakat umum dan juga melibatkan pemerintah Kota Kupang dengan tujuannya untuk menanamkan sikap peduli terhadap lingkungan (alam). 

”Kita melakukan kegiatan ini bukan cari untuk dipuji, tetapi ini pengabdian bagi masyarakat guna menciptakan lingkungan yang sehat, indah, dan bersih,” terangnya. 

Sementara itu, Ketua Panitia, Dr. Ir. Sunardi, M.Si. di sela-sela kegiatan  mengatakan bahwa tujuan membersihkan sampah di pantai pada hari ini adalah selain merayakan HUT ke-73 RI juga untuk menyongsong Dies Natalis Undana yang ke-56. Lokasi yang menjadi titik kegiatan yaitu Pantai Lasiana, Nunsui, Warna, Ekowisata Mangrove, Paradiso, Pasir Panjang, Belakang Hotel Swiss Bellin Kristal, TPI Oeba, Ketapang Satu, Kampung Solor (belakang pertokoan), Tedis, Jembatan Selam, Batu Kepala, Nunbaun Delha, Dermaga, tempat penjualan ikan Namosain, dan Pantai Cafe Tebing.  

“13 Kelurahan yang dibersihkan di antaranya Kelurahan Alak, Nunbaun Delha, Nunhila, Oesapa Barat, Oesapa, Lasiana, Namosain, Solor, LLBK, Tode Qiser, Fatubesi, Pasir Panjang, dan Kelurahan Kelapa Lima,” jelas Sunardi.

Sebelumnya, lanjut Sunardi, Undana juga telah melaksanakan berbagai kegiatan lain diantarnya Jalan sehat, donor sehat, pemeriksaan kesehatan secara gratis, dan seminar nasional serta berbagai aneka perlombaan lain untuk memeriahkan dies natalis Undana yang akan dirayakan pada tanggal 1 September mendatang. 

Marselina Ratoe Oedju, Dekan Fakultas Kelautan dan Perikanan Undana, saat  dimintai tanggapannya terkait kegiatan tersebut mengatakan bahwa  kegiatan membersihkan sampah di laut yang dilakukan oleh para mahasiswa Undana ini merupakan salah satu cara memberikan kesadaran terhadap masyarakat dan juga mengajak untuk menjaga kebersihan lingkungan demi keberlanjutan sumber daya alam di laut. 

“Kita mau memberikan contoh yang baik kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan laut, kalau kita tidak bersihkan  sampah di laut maka sampah akan  sangat mengganggu pertumbuhan ekosistem yang ada di laut,” terang Marselina. (Lenzho/rz)
comments

No comments:

Post a Comment