Latest News

Monday, 23 July 2018

Yohanes Herman: Guru Perlu Berinovasi


Manggarai Barat, CakrawalaNTT.com   Guru merupakan motor penggerak utama dalam dunia pendidikan. Karena itu guru perlu melakukan berbagai inovasi dalam menunjang profesinya terutama dalam menghadapi kemajuan serta tuntutan zaman. Salah satu inovasi tersebut yakni penelitian tindakan kelas dalam pembelajaran yang diikuti dengan publikasi ilmiah. 

Hal ini ditegaskan Kepala SMAN 2 Lembor Selatan, Yohanes Herman, S.Pd., M.Pd., ketika membuka Bimtek Jurnalistik dan Karya Tulis Ilmiah (KTI) di aula SMAN 2 Lembor Selatan – Manggarai Barat, Senin (23 /7/2018) pagi. Dalam kegiatan tersebut pihaknya menggandeng Media Pendidikan Cakrawala NTT sebagai mitra. 

Dikatakannya, guru tidak boleh tenggelam dalam berbagai keterbatasan yang ada. Justru di tengah keterbatasan tersebut, guru dituntut untuk berinovasi misalnya dengan memanfaatkan media pembelajaran yang sederhana, yang bisa didapat dari lingkungan sekitar. Sementara itu dengan publikasi ilmiah, guru menunjukkan kapasitasnya sebagai penggerak literasi di lingkungan sekolah. 

“Untuk siswa, kegiatan ini sangat penting sebagai bekal di kemudian hari terutama ketika menghadapi tuntutan menulis di jenjang pendidikan yang lebih tinggi,” tegasnya. 

Dalam kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut, pihak sekolah menghadirkan narasumber dari Media Pendidikan Cakrawala NTT, yang diwakili oleh Drs. Mateus Jemalu (koordinator formator wilayah Manggarai Barat) dan Robert Fahik, M.Si (redaktur). Sementara itu sebagai perserta, lebih dari 30 guru dan pegawai dilibatkan, serta perwakilan siswa yang berjumlah 40 orang. (*)

comments

No comments:

Post a Comment