Latest News

Tuesday, 1 May 2018

SMK BISA! PEMBUKAAN GEBYAR SMK 2018


Kota Kupang, CakrawalaNTT.com - Gubernur NTT, Frans Lebu Raya yang diwakili oleh Asisten 1 Mikhael  Fernandez mengawali sambutannya dengan bersyukur kepada Tuhan yang telah menganugerahkan berkat-Nya guna berlangsungnya acara pembukaan Gebyar SMK se-NTT  tahun 2018 ini dalam suasana gembira dan penuh persaudaraan. Acara pembukaan ini dilaksanakan di alun-alun I H Doko Dinas Pendidikan NTT, Senin (30/4/18).

Pemerintah Provinsi NTT menyambut baik pelaksanaan Gebyar SMK ini. Gebyar SMK merupakan kegiatan yang membanggakan karena SMK telah mewujudkan impian masa depan anak muda melalui berbagai hasil karya. Tidak ada yang dapat memungkiri bahwa lulusan SMK telah mewarnai  kehidupan dunia usaha dan dunia industri, dengan demikian slogan SMK Bisa sesungguhnya bukanlah sekedar isapan jempol belaka.

Lebu Raya juga menegaskan bahwa pendidikan adalah kunci pembangunan sekaligus merupakan peradaban dari suatu bangsa. Membangun pendidikan juga merupakan sebuah upaya dalam menjadikan manusia seutuhnya yaitu manusia yang memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan dengan tetap menjunjung tinggi dan memegang teguh norma dan nilai yang berlaku di masyarakat.

Gebyar SMK ini menjadi kegiatan yang dapat mendorong produktifitas siswa dan mampu menghasilkan produk-produk inovatif entrepreneurship membentuk pola pikir siswa yang dapat berperilaku hidup produktif dan mengurangi perilaku hidup konsumtif.

Dalam berbagai kesempatan saya terus mendorong peningkatan mutu pendidikan  SMK bahkan penambahan jumlah SMK jika memang diperlukan. Kita sadari betul bahwa peningkatan kemampuan dan keterampilan bagi generasi muda, calon tenaga kerja merupakan tanggung jawab dunia pendidikan baik formal maupun non formal. Pendidikan merupakan bagian integrital yang tidak dapat dipisahkan dari proses penyiapan sumber daya manusia yang berkualitas, tangguh, dan terampil. Hasilnya selalu ada meski belum maksimal, masih terus berbenah seiring berkembangnya tuntutan dunia kerja serta perkembangan ilmu pengetahuan yang terus berubah,” kata Lebu Raya dalam sambutannya.

Lebu Raya juga mengajak agar jangan pernah menyerah untuk mengejar mimpi selama masih hidup. Baginya, hidup sesungguhnya adalah mewujudkan mimpi itu. Pendidikan merupakan sebuah jalan untuk mengejar mimpi. Pendidikan kejuruan sebagai salah satu dari sistem pendidikan nasional memainkan peranan penting dan strategis bagi terwujudnya angkatan kerja yang terampil. Tanggung jawab peningkatan mutu pendidikan tidak semata-mata tugas pemerintah, melainkan juga tugas orang tua dan masyarakat pada umumnya, secara bersama-sama kita terus mendorong iklim pembelajaran yang kondusif, ruang kreatif yang eksporatif dan ruang inovasi yang konsultif.

Di akhir sambutan, ia mengucapkan proficiat pada anak-anak muda yang kreatif yang telah menghasilkanberbagai karya dalam gebyar SMK pada tahun ini.dirinya juga berharap agar gebyar SMK ini dapat meningkatkan kompetensi siswa sesuai bidang keahliannya masing-masing sehingga pada akhirnya siswa SMK ini dapat menjadi anak bangsa yang mampu hidup layak dan berkualitas. (Lenzho)

comments

No comments:

Post a Comment