Latest News

Friday, 27 April 2018

DINAS PENDIDIKAN KOTA KUPANG MENGADAKAN LOMBA CERDAS CERMAT MATEMATIKA

Kadis P&K bersama walikota Kupang membunyikan bel sebagai tanda dibukanya kegiatan Cerdas Cermat Matematika

Kota Kupang, CakrawalaNTT.com - Dalam rangka memeriahkan Hari Pendidikan Nasional, Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang telah bekerja sama dengan MGMP Matematika  tingkat SMP/MTs se-Kota Kupang  mengadakan Lomba cerdas cermat matematika  bagi siswa-siswi.

Ketua Panitia ,Jhon Leo, S.pd, dalam laporan kepanitiaannya mengatakan bahwa Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan technology modern,mempunyai peran penting dalam berbagai  aspek dan meningkatkan daya pikir manusia.

Sebagai salah satu pengembangan kompetensi para guru matematika, MGMP Matematika  SMP kota Kupang senantiasa pemerhati serta berkelanjutan dalam ikut serta memajukan kualitas pendidikan dan pembelajaran matematika di kota kupang.oleh karena itu di bidang pendidikan kami selalu memberikan antara lain melalui pembinaan kesiswaan sebagai salah satu wadah untuk mendorong siswa di bidang akademik .

Guna menyongsong HARDIKNAS yang jatuh pada tanggal 2 Mei MGMP Matematika tingkat SMP/MTs Se-Kota Kupang bekerja sama dengan dinas pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang merasa terpanggil untuk menggali potensi yang ada pada siswa-siswi dengan mengadakan lomba cerdas cermat Matematika tingkat Kota Kupang.

Lomba Cerdas Cermat Matematika ini juga sekaligus menjadi motivasi bagi MGMP yang lain untuk bisa ikut meramaikan hari  pendidikan di Kota Kupang ini. Dengan adanya lomba Cerdas Cermat Matematika seperti ini dapat memberi kesempatan kepada siswa –siswi untuk dapat mengaktualisasikan kemampuannya dan dapat mempersiapkan siswa  ke tingkat nasional. Siswa lebih cerdas dan cepat dalam menjawab serta dapat menyelesaikan persoalan serta mampu untuk menjadi insan yang bermutu dan memiliki daya saing.

Tujuan dalam pelaksanaan kegiatan lomba Cerdas Cermat Matematika ini adalah untuk melatih siswa berpikir cepat dan tepat dalam menyelesaikan soal-soal metematika dalam berbagai bentuk dan untuk menunjukan jiwa sportifitas dan semangat, serta saling menghargai antarsiswa. Sementar bagi guru adalah  sebagai media koreksi penghasilan proses pengajaran yang didesain sehingga dapat dijadikan sebagai acuan dalam peningkatan kualitas proses pembelajaran .

Kegiatan lomba Cerdas Cermat Matematika ini dimulai  pada hari 27 April hingga tanggal 1 Mei 2018. Kegiatan ini  dilaksanakan di ruang Aula Pengawas Pendidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang. Peserta yang turut mengikuti lomba ini sebanyak  42 Regu yang berasal dari 24 SMP/MTs Negeri maupun Swasta yang ada di Kota Kupang.

Pelaksana kegiatan lomba Cerdas Cermat Matematika ini adalah Musyawarah Guru Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs tingkat Kota Kupang yang telah bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang . Dana yang digunakan dalam kegiatan lomba ini bersumber dari DPA Dinas Pendidikan Kota Kupang  Tahun anggaran 2018.

Piala Bergilir - Walikota Cup diserahkan oleh Walikota kepada Kadis P&K
Panitia penyelenggara telah menyiapkan penghargaan Pemenang juara I  sampai  juara Harapan 3. Untuk juara I: piala bergilir Walikota Cup dan uang tunai sebesar Rp.1.500.000,-; sementara juara II :Rp.1.250.000,-; Juara III :Rp.1.000.000,-; Juara IV: Rp.750.000,-; Juara V: Rp.500.000,-; Juara VI: Rp.250.000,-; dan sejumlah hadiah lainnya dari sponsor.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan  dan Kebudayaan  Kota Kupang , Filmon J.Lulupoi, dalam sambutannya mengatakan bahwa salah satu strategi yang perlu dibangun ialah bagaimana memberikan kesempatan kepada anak-anak dalam bentuk kegitan yang mendorong  kreativitas anak untuk meningkatkan mutu pendidikan yaitu salah satunya dengan kegiatan lomba cerdas cermat seperti ini. Kegiatan ini tentunya sangat penting guna mendorong  dan  memotivasi  serta menginovasi guru-guru  untuk membangun model pembelajaran yang lebih efektif.

Lebih lanjut, Lulupoi mengatakan, berbicara mengenai pendidikan ada dua unsur  penting  yang  perlu kita perhatikan yaitu guru dan siswa.  Oleh karena  itu, yang penting untuk kita tingkatkan adalah SDM itu sendiri, karena jika dana  tersedia  tetapi  SDM kita rendah itu akan sangat berpengaruh.

Lulupoi juga memberikan  apresiasi kepada  Pemerintah Kota Kupang yang sangat mendukung dalam pembangunan pendidikan di Kota Kupang . Sesuai dengan  tagline  pemerintah Kota Kupang yaitu menjadikan Kota Kupang sebagai    “smart city” maka untuk  mendorong pemerintah kota dalam perubahan  kota  ini  khusus untuk  Dinas Pendidikan Kota Kupang kami ingin untuk memberikan tagline yaitu “smart education”. Lulupoi  juga optimis dalam membangun pendidikan di Kota Kupang   berbasis digital yang mana RKAS, BOS, DAPODIK, serta  Sertifikasi guru dan lainnya  akan berbasis IT.

Di akhir sambutannya Lulupoi mengucapkan  terima kasih kepada walikota Kupang, anggota DPRD Kota Kupang, para kepala sekolah , guru-guru serta siswa-siswi  dan semua stakeholder terkait yang telah mendukung kegiatan Lomba Cerdas Cermat  Matematika  tingkat SMP/MTs tahun  2018 ini.

Walikota Kupang, Dr. Jefri Riwu Kore, dalam sambutannya membuka kegiatan Lomba Cerdas Cermat Matematika tingkat SMP/MTs  se-Kota Kupang  tahun 2018 mengatakan bahwa  lomba cerdas cermat matematika ini merupakan langkah   tepat  guna meningkatkan minat belajar siswa.

Menurut Walikota Kupang yang lebih dikenal sebagai Jeriko, matematika adalah salah satu mata pelajaran yang sangat penting karena mengajarkan anak-anak untuk kreatif dalam berpikir.

Di hadapan para peserta lomba, Jeriko berpesan agar lomba ini bukan sekedar untuk mencari  juara atau hadiah tetapi untuk mencari pengetahuan yang akan menjadi bekal di masa mendatang.

Lebih lanjut,  Jeriko  mengatakan, untuk menjadikan anak-anak cerdas yang perlu diperhatikan itu adalah kesejahteraan gurunya.

”Bagaimana kalau gaji gurunya di bawah standar lalu kita mau paksakan untuk mencerdaskan anak-anak? Oleh karena itu pemerintah Kota Kupang bertekad untuk  memperhatikan  kesejahteraan guru, terutama para para guru honor,” terang Jeriko.

Jeriko Juga dengan tegas mengatakan bahwa untuk sementara  tidak boleh rekrut lagi guru honor karena masih terlalu banyak guru honor yang telah mengabdi sampai 10 tahun namun gajinya masih sangat kecil.

Di akhir sambutannya Jeriko berharap agar kegiatan lomba Cerdas Cermat Matematika ini dapat berjalan dengan baik  dan dirinya juga mengucapkan terima kasih atas kerjasama berbagai pihak yang begitu baik sehingga kegiatan ini dapat berjalan. (Lenzo)

comments

No comments:

Post a Comment