Latest News

Thursday, 8 March 2018

TK Kristen Benih Anugerah Kunjungi Dinas Pemadam Kebakaran Kota Kupang



Kota Kupang, Cakrawalantt.com – Sebanyak 25 orang siswa TK Kristen Benih Anugerah Kota Kupang mengunjugi Dinas Pemadam Kebakaran Kota Kupang, Kamis (8/3/2018). Kunjungan ke Dinas Pemadam Kebakaran itu merupakan bagian dari pembelajaran dengan tema Api, Air dan Udara.

Didampingi para gurunya, siswa-siswi TK Kristen Benih Anugerah mendatangi Dinas Pemadam Kebakaran Kota Kupang di Jalan SK Lerik, Kelapa Lima, Kota Kupang, untuk mengenal lebih dekat dinas yang bertugas menangani masalah kebakaran tersebut. Kepada para siswa, staf Dinas Pemadam Kebakaran Kota Kupang memberikan penjelasan terkait tugas dan fungsi Dinas Pemadam Kebakaran, penyebab kebakaran, akibat yang ditimbulkannya, dan bagaimana menangani bencana kebakaran yang terjadi. Para siswa juga diberi kesempatan berkeliling bersama mobil pemadam kebakaran.

Martha Djami, S.Pd, Wakasek Kurikulum Tk Kristen Benih Anugerah mengatakan, kunjungan ke Dinas Pemadam Kebakaran Kota Kupang merupakan bagian dari pembelajaran dengan tema Api, Air dan Udara. Sesuai dengan tema itu, pihak sekolah menjalin kerjasama dengan instansi terkait, termasuk Dinas Pemadam Kebakaran, sehingga para siswa dapat melihat langsung langkah-langkah penanganan bencana kebakaran.

“Ini merupakan pembelajaran yang nyata sesuai kurikulum 2013. Selain agar mereka tahu sebab dan akibat dari kebakaran serta cara menanganinya, kunjungan ini memperkenalkan anak terkait tugas pokok dan fungsi instansi yang ada,” ungkap Djami.
“Selain itu, ini merupakan salah satu langkah untuk membentuk anak agar mereka juga punya motivasi dan gambaran tentang aneka profesi sehingga mereka dapat belajar secara serius untuk bisa menggapai cita-cita mereka,” lanjutnya.

Kunjungan ini juga merupakan pelaksanaan visi TK Kristen Benih Anugerah yakni mendidik anak-anak agar tumbuh dewasa, memiliki karakter Kristus, berani dan mandiri menuju pada masa depan yang lebih baik.

“Jadi ketika mereka besar, mereka bisa melakukan segala tugas profesi mereka secara baik dan bertanggung jawab tanpa ada rasa takut terhadap tantangan. Kesetiaan kepada profesi itu harus yang utama,” tutur Djami.

Sementara itu, Kepala Seksi Penyuluhan dan Publikasi Bidang Pencegahan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Kupang, Tomas AQ Huwa, ST, memberikan apresiasi kepada para guru yang telah membawa anak-anaknya guna melihat secara langsung mobil pemadam kebakaran serta bagaimana cara mengatasi kebakaran.

“Kami sangat senang dengan kegiatan seperti ini. Dengan itu sangat diharapkan anak sudah mengetahui tentang kebakaran, apa saja penyebab terjadinya kebakaran serta apa yang harus dilakukan jika terjadi kebakaran. Ini merupakan kegiatan yang sangat positif karena kita bisa mengingatkan langsung kepada anak agar jangan bermain api sembarangan dan lainnya, karena kebakaran punya dampak yang sangat buruk,” kata Tomas.

Lebih lanjut Tomas mengatakan, Dinas Pemadam Kebakaran sangat terbuka untuk sekolah yang ingin berkunjung guna mendapat penyuluhan terkait kebakaran dan bagaimana Dinas Pemadam Kebakaran menjalankan tugas dan peranannya.

Tomas berharap apa yang sudah disampaikan kepada anak-anak bermanfaat bagi mereka agar bisa meminimalisir dan mengantisipasi bahaya kebakaran. (Lenzho)

comments

No comments:

Post a Comment