Latest News

Monday, 12 March 2018

Peringati HUT Gudep 025-026, Pramuka SMAN Taekas Lakukan Aksi Menanam Secara Massal



Kefamenanu,Cakrawala NTT_Suasana HUT Gugus Depan (Gudep) 025-026 gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) SMA Negeri Taekas Kecamatan Miomaffo Timur Kabupaten Tmor Tengah Utara tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Usai upacara bendera memperingati  lahirnya gerakan pramuka  di sekolah  ratusan siswa digerakkan menuju lingkungan bebas menanam secara masal. Tidak saja siswa-siswi pramuka, keluarga besar OSIS SMAN Taekas  juga terlibat dalam aksi peduli lingkungan dimaksud.

Kepala SMAN Taekas, Hilarius Sau, S.Pd, MM membuka secara simbolis aksi menanam jenis anakan mahoni itu disusul pengurus OSIS, para guru dan pegawai tata usaha. Lebih dari 600 anakan ditanam hari itu.

Dalam sambutannya pada upacara HUT Pramuka SMAN Taekas Senin (11/12) pagi, Sau mengatakan pramuka sebagai pembentuk karakter bangsa sangat penting untuk membentuk mental pemuda bangsa dan negara. Kedisipilinan, kecakapan, patuh pada aturan, kreativitas dan kecakapan berpikir adalah pengejahwantahan gerakan pramuka yang terimplisit di dalamnya membutuhkan kerja bersama dengan orang lain. Gerakan pramuka  mengacu pada 10 pilar yang menjadi kode kehormatan yakni Dasa Dharma Paramuka diharapkan dapat memberi perubahan besar dalam pendidikan berkarakter di Indonesia khsusunya di SMAN Taekas tercinta.

Munurut Sau yang sekaligus sebagai Kamabigus Gudep 025-026 SMAN Taekas mengaku di HUT yang ke-XI selain aksi menanam juga diisi dengan beberapa kegiatan antara lain: pelantikan 48 bentara dan 59 siswa laksana. Puncak kegiatan diawali dengan kegiatan pengembangan dua hari di batas NKRI-Timor Leste (dari desa Napan menuju SMAN Taekas). Hal ini juga dibenarkan oleh Pembina Gudep Oliva Bakok, S.Pd

Penghijauan masal yang dinakhodai langsung sang kepsek hari itu  mendedikasikan diri sebagai Bentara dan Laksana yaitu kader, ajudan, pengawas pembangunan yang kuat, baik dan terampil serta bermoral Pancasila, berjiwa pemimpin yang sanggup mengemban dan melaksanakan tugas pembangunan bangsa dan negara secara bertanggung jawab dan  bersinergisitas menuju kepribadian keluarga besar SMAN Taekas yang makmur makmur, sehat, berintegritas, berdaya saing secara global dan berakhlak luhur. (Gervas Salu)

comments

No comments:

Post a Comment