Latest News

Friday, 13 October 2017

SMKN 1 KUPANG GELAR JOB MATCHING BAGI LULUSAN SMK SE-NTT

Kota Kupang, Cakrawala NTT - Demi menghadapi dunia kerja serta menekan angka pengangguran yang masih cukup tinggi di NTT, Pemerintah Provinsi NTT melalui Dinas P & K Provinsi yang bekerja sama dengan pihak  SMK Negeri 1 Kupang menggelar  Job Matching di Hotel On The Rock Kupang. Kegiatan Pembukaan Rekrutmen Tenaga Kerja tingkat SMK se-NTT ini secara resmi dibuka oleh Wakil Gubernur NTT, Benny A. Litelnoni, Rabu (11/10/2017).


Wakil Gubernur NTT, Benny A.Litelnoni dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada semua perusahaan industri  yang telah siap menerima  para calon karyawan dan karyawati yang ada dan kepada semua stakeholder yang telah menyelenggarakan kegiatan job matching ini.
Litelnoni juga meminta kepada pihak perusahaan agar memberikan pelatihan kepada semua karyawan yang akan direkrut guna meningkatkan  kinerja kepada karyawan.
‘’Saudara-saudara bukan hanya menerima saja namun perlu untuk memberikan pelatihan lebih mendalam. Ini merupakan gerakan awal demi merekrut para output SMK yang ada. Oleh karena itu mari kita bersinergi dan saling mendorong dalam menanggulangi penganngguran yang ada,” jelas Litelnoni.
Kasubdin Penyelarasan Kejuruan dan Kerja Sama Industri Direktorat Pembinaan SMK, Sry Puji Lestari, kepada Cakrawala NTT mengatakan bahwa SMK utamanya adalah dipersiapkan untuk menghasilkan lulusan yang  siap kerja. Tentunya SMK ini harus kerja sama dengan Industri. Oleh karena itu, harus ada penyesuaian terkait kurikulum, peningkatan kompetensi guru dan terlebih kepada siswa agar saat diluluskan ia mampu untuk bersaing dalam dunia kerja.


Lestari juga meminta perhatian serius  kepada SMK untuk tidak statis namun harus dinamis dalam mengikuti perkembangan yang ada agar lulusan dari SMK mampu diserap oleh perusahaan industri yang ada karena  perkembangan dunia kerja semakin meningkat setiap tahunnya.
Dalam meningkatkan dan mempersiapkan siswa-siswi  SMK  itu sendiri  dari Kemendikbud akan lebih meningkatkan akses dan juga peningkatan mutu terhadap guru . Karena itu, Direktur Pembinaan SMK dalam memberikan dukungan bukan hanya yang di kota saja tetapi secara merata dari tingkat pusat sampai ke kecamatan dan desa.
“Untuk peningkatan mutu guru SMK sendiri masih banyak kekurangan baik dalam segi kualitas maupun kuantitas maka dari kementerian akan bekerja sama dengan perguruan tinggi untuk mendidik para  guru SMK demi peningkatan kualitas yang lebih baik ke depan dan juga  melakukan pendidikan keahlian ganda dalam hal ini kompetensi tertentu yang sangat kurang bisa diisi oleh bidang lain,” kata Lestari.
Kepala SMK Negeri 1 Kupang, Mathias M. Beeh, S.ST.Par., MM. mengatakan, kegiatan Job Matching ini merupakan sebuah program inovasi yang menjadi sebuah kerinduan terutama di Sekolah Menengah Kejuruan karena sekolah kejuruan tidak hanya mendidik serta meluluskan para siswa namun lebih dari itu turut mencarikan solusi terkait ketenagakerjaan.
“Kami dari pihak SMK Negeri 1 Kupang bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan Pemprov melalui Dinas P & K Provinsi NTT melakukan kerja sama dengan Perusahaan-perusahaan yang ada di NTT maupun di luar NTT seperti Denpasar, Semarang, Palembang, Jakarta dan lainnya untuk memberikan kontribusi dalam menyerap para tenaga kerja khususnya lulusan SMK yang ada di NTT,” jelas Mathias.
Perusahaan-perusahaan yang dihubungi sangat merespon guna mendukung kegiatan ini. Sejauh ini ada 70 perusahaan yang siap menerima serta melakukan seleksi terhadap para calon karyawan yang telah mendaftar.
Sekitar Delapan ratus orang yang telah mendaftar untuk mengikuti pengrekrutan ini. Iini menunjukan bahwa tingkat pengangguran di NTT masih cukup tinggi. Dengan kehadiran 70 Perusahaan ini diharapkan dapat menyerap para tenaga kerja yang siap untuk dipakai.
Terkait dengan sistem perekrutan tenaga kerja yang ada itu diserahkan kembali kepada setiap perusahaan karena setiap perusahaan memiliki kriteria penerimaan masing-masing. Pihak SMKN 1 Kupang hanya menyediakan para lulusan yang kompeten dari semua SMK yang ada di NTT sesuai bidang keahlian masing-masing. Pihak sekolah tidak akan melakukan intervensi kepada pihak perusahaan dalam seleksi ini. 
Kegiatan Job Matching ini menjadi bahan evaluasi terhadap pihak sekolah dan pemerintah untuk berkomitmen sehingga kegiatan semacam ini dilakukan setiap tahun agar para lulusan bisa langsung mendapatkan lapangan kerja. Dalam penghujung kegiatan ini ada penandatanganan MoU dari pihak Perusahaan dengan Pihak Penyelenggara yaitu SMKN 1 Kupang. (Lenzho/RZ)



comments

No comments:

Post a Comment