Latest News

Wednesday, 3 May 2017

SMPN 2 Kupang Laksanakan UNBK

Kepala Sekolah SMPN 2 bersama para tenaga teknis UNBK 
Kota Kupang, Cakrawala NTT - Setelah melalui proses persiapan yang memerlukan waktu hampir dua bulan, melingkupi sosialisasi, geladi, dan tahap lainnya, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Kupang pada Selasa (2/5/2017) melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). 

Pelaksanaan UNBK ini dijalankan dalam tiga sesi, yaitu sesi yang pertama pada jam 07.30-09.30, sesi kedua  pada jam 10.30-12.30, dan sesi ketiga pada jam 14.00-16.00.
Kepala sekolah SMPN 2 Kupang, Yoel Oematan, SPd. MM, yang ditemui MPC-NTT di saat jeda sesi ujian yang sekaligus waktu istirahat makan siang bagi para guru, pegawai, dan pengawas, mengungkapkan “ UNBK pada hari pertama ini berjalan lancar, atas dukungan guru, pegawai, dan orang tua siswa. Di samping  itu ada juga pengawas dari SMPN 4 dan SMPN 10. Kita harapkan untuk kegiatan besok tanggal  3 dan 4 serta juga di tanggal 8 akan berjalan lancar sama seperti pada hari ini.”

Dari penjelasan Yoel Oematan, diketahui bahwa jumlah peserta seluruhnya 695, yang dibagi ke dalam 12 ruang  ujian, dengan peserta di dalamnya bejumlah 10-20 orang. Pada sesi ujian yang pertama, pesertanya sejumlah 234, pada sesi yang kedua berjumlah 234, dan siswa sejumlah 227 mengikuti ujian di sesi yang ke tiga. Siswa rata-rata telah siap dan cukup semangat dalam mengikuti ujian ini, terutama karena sebelumnya telah diadakan simulasi ujian sebanyak dua kali.

Tentang harapan dalam pelaksanaan UNBK ini, Kepala Sekolah berharap langkah yang telah diambil SMPN 2 Kupang akan diikuti oleh SMP-SMP lainnya di Kota Kupang. Dalam lingkup Kota Kupang, SMPN 2 Kupang adalah SMP pertama yang melaksanakan UNBK dengan jumlah peserta yang cukup besar.

Costan Sandy Penanggung Jawab Teknis
Pelaksanaan UNBK di SMPN 2 Kupang
Penanggung Jawab Teknis Pelaksanaan UNBK di SMPN 2 Kupang, Costan Sandy, S.Pd. menuturkan bahwa hal yang paling dikhawatirkan adalah jaringan listrik, karena kondisi cuaca di kota Kupang yang  akhir-akhir ini tidak menentu. “Di luar persoalan listrik dan cuaca, kami telah sangat siap.  Tenaga teknis yang bekerja ada 22 orang, dari berbgai latar belakang ilmu.  Persiapan-persiapan paling penting seperti perangkat operasi yang terkait server, laptop kilen, ditambah lagi kabel jaringan ,kabel listrik, sampai sejauh ini sudah terpenuhi” jelas Costan.

Dalam tahap persiapan sebelumnya, pihak sekolah mengadakan pertemuan dengan para orang tua peserta ujian,dibuatlah kesepakatan bahwa orang  tua siswa, atau siswa sendiri yang memiliki laptop  akan bersedia untuk meminjamkan laptop kepada pihak sekolah terkait pelaksanaan kegiatan ujian.

Secara total, ada 300 unit komputer yang dipakai, 240 ada pada ruang ujian, dan sisa 60 unit merupakan cadangan. Semua unit itu terdiri dari 60 unit komputer yang ada di sekolah, 60 unit laptop dari guru, sebanyak 40 unit PC, sisanya pinjam dari laptop siswa. (Armando)

Para tenaga teknis UNBK di SMPN 2 Kupang


comments

No comments:

Post a comment