Latest News

Saturday, 22 April 2017

Memaknai Hari Kartini, Siswa-siswi SDN Gua Aplasi Tebar Pesona


TTU, CakrawalaNTT.com – Nama Raden Ajeng Kartini atau RA Kartini terus bersinar. Tokoh nasional kaum hawa ini tetap dikenang sepanjang hayat berkat jasa-jasanya memperjuangkan kesetaraan gender. Wanita kelahiran 21 April 1879 di Kota Jepara sosok yang mengagungkan. Dari Sabang sampai Merauke tak luput  mengibarkan Bendera Merah Putih setiap tanggal 21 April untuk mengenang jasa-jasanya. Pemerintah RI telah menetapkan tanggal tersebut sebagai hari nasional untuk memperingati Ibu Kartini.

Di tahun 2017 bertepatan dengan Hari Kartini Jumat (21/4) keluarga besar SDN Gua Aplasi Kefamenanu menampilkan sederet acara berbeda kemasan dengan tahun-tahun sebelumnya. Hari Kartini diperingati secara khusuk penuh hikmat dan sangat bersahaja. Kepala sekolah, para guru dan peserta didik  dalam balutan tenun adat merayakan Hari Kartini diawali upacara bendera.

Maria Yosefina Lika Bau, S.Pd.SD kepala SDN Gua Aplasi dalam sambutannya disampaikan  Mesakh Latan salah satu guru di sekolah negeri itu mengatakan,  Kartini adalah sosok wanita berkarakter keras memperjuangkan hak-hak kaum wanita. Jasa Kartini patut dikenang dan dihormati sepanjang hayat dalam mana berkat kegigihannya kedudukan wanita setara dengan kaum pria di era sekarang. Kaum perempuan tidak lagi disepelekan dalam berbagai hal karena kedudukannya sama dengan laki-laki.

Mesakh menambahkan, putera-puteri di SDN Gua Aplasi harus belajar meneladani RA Kartini dan para pejuang nasional bangsa dan Negara yang telah gugur di medan pertempuran.

“Kartini dan para pejuang bangsa dan negara harus kita junjung tinggi sebab perjungan mereka sangat besar,berharga dan bermartabat bagi keutuhan NKRI,” tegas Mesakh.

Upacara bendera memperingat Hari Kartini dimulai pukul 08.00 Wita  dan dihadiri para guru dan siswa. Kepala sekolah, Maria Yosefina Lika Bau, memahami benar akan tugas pokok dan tanggung jawabnya memimpin sebuah lembaga pendidikan. Kerja sama adalah modal dasar   meningkatkan mutu pendidikan setara dengan lembaga pendidikan dasar di daerah lain.

“Saya dan teman-teman guru memiliki konsep dan komitmen bersama bekerja sesuai visi dan misi sekolah,” ungkap Maria.

Siswa-siswi SDN Gua Aplasi kretif, inofatif, dan memikat. Selepas upacara, dilanjutkan aneka lomba. Anak-anak didik unjuk kebolehan menebar pesona. Lomba baca puisi, pidato, musik suling, menari, menyanyi dan jenis kreativitas lainnya menghangatkan  suasana. Peserta yang menjuarai setiap kompetisi diberikan hadiah hiburan. (Gervas Salu)

comments

No comments:

Post a comment