Latest News

Thursday, 23 March 2017

USBN SMAN 3 KUPANG TIMUR - Siapkan Dirimu Menyongsong Masa Depan yang Gemilang


Kupang, Cakrawala NTT - Hari ke 3 USBN tepatnya Rabu 22 Maret 2016 pukul 07:30 Wita. Tim MPC-NTT melangkahkan perjalanan menuju arah sang mentari terbit Timur. Melewati Jln. Timor Raya, tepatnya pada kilometer 22 terdapat sebuah cabang  dan tugu, kurang lebih 200 meter ke dalam terdapat sebuah gereja dan 3 sekolah dari SD,SMP dan SMA Negeri 3 Kupang Timur Kabupaten Kupang. 

Terpampang sebuah spanduk berukuran 3X2 Meter persegi dengan tulisan motto “Siapkan Dirimu Menyongsong Masa Depan Yang Gemilang”. Suasana pagi diseputaran lingkungan pagi itu teramat tenang karena depan pintu masuk sekolah terdapat sebuah papan dengan tulisan HARAP TENANG ADA UJIAN.  

Terlihat dari kejauhan nampak  sosok tegar memakai baju putih sedang mengamati jalannya ujian. Dia adalah Philipus Nahak Klau S.Pd. atas ijin petugas Yefta Rohi,S.Pd dengan ayunan langkah kaki perlahan menjumpainya, sambil berjabatangan dan tersenyum Philipus mulai bercerita. Sampai dengan hari ke-3 USBN berjalan dengan baik dengan jumlah siswa sebanyak 152 siswa, terdiri dari laki 64, perempuan 88 orang. Agama muslim 5 orang, Kristen   98,  Katolik 49 orang. Semua sampai dengan saat ini dalam keadaan baik dan sehat. "Untuk pengawas kita gunakan sistem silang. Ada 4 sekolah  yang terlibat yakni SMAN 1 Fatuleu, SMAN 1, 2 dan 3  Kupang Timur, masing-masing sekolah mengirimkan 6 pengawas sedangkan kami sendiri mengirim 8 pengawas," papar Philipus.
Lanjut Philipus, untuk USBN kali ini ada 6 mata pelajaran, sedangkan sekolah ini mempunyai 3 jurusan yang berasal dari kelas bahasa berjumlah 27,  kelas IPA 59 sedangkan 66 dari kelas IPS. Untuk ruangan yang dipakai berjumlah 9 masing-masing ruangan mendapat 2 pengawas jadi keselurahan pengawas berjumlah 18 orang. Mekanisme atau aturan ujiannya, Philipus menjelaskan bahwa peserta ujian diwajibkan menunjukkan kartu ujian ke pangawas serta jika peserta meninggalkan ruangan menandakan peserta telah selesai bekerja dan tidak lagi diperkenankan untuk masuk kembali. Soal terbagi menjadi 2 yakni pilihan ganda (PG) dan uraian/isian, sehingga harapan dari Nahak selaku pimpinan sekolah semoga kedepan semakin ditingkatkan kualitas dari hasil ujian. "Terbukti 9 mata lomba olimpiade sains nasional (OSN) 14/3/17 tingkat Kabupaten,  kami keluar sebagai juara terbanyak dengan mengirimkaan 11 peserta ketingkat propinsi untuk wakili Kabupaten Kupang," tuturnya sambil mengajak tim-MPC menuju ruangan kepala sekolah. (Yupiter Loinati)
comments

No comments:

Post a comment