Latest News

Monday, 27 March 2017

Puskesmas Ketang Resmikan Gedung Baru


Borong, Cakrawala NTT

Puskesmas Ketang, Desa Golo Tolang, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai  Timur, NTT meresmikan gedung barunya pada Sabtu, (25/03/17). Kegiatan peresmian gedung tersebut tidak terlepas dari peran para tokoh masyarakat dan tokoh agama Desa Golo Tolang. Para tokoh seperti, Sipri Tandang selaku Tua Teno; Karolus Ngambu; Domi Gas; Dominikus Dandung; Vitalis Tani; Maria Dora; Pius Kawe; Kepala Puskesmas Ketang, Afridus Suwardin; dan Rm. Ansi ikut terlibat dalam peristiwa peresmian gedung tersebut.

Afridus Suwardin, saat diwawancarai di sela-sela kegiatan peresmian menuturkan bahwa sebelumnya gedung baru di Puskesmas Ketang sangat sulit untuk diresmikan karena dirinya tidak memahami secara persis proses peresmian secara adat yang harus dilakukan.

“Akhirnya, pada hari ini saya selaku kepala puskesmas dan teman-teman yang ada di puskesmas ini mengundang semua tokoh masyarakat yang ada di Desa Golo Tolang untuk meresmikan gedung baru ini secara adat,” tuturnya. Dirinya merasa bersyukur karena peresmian gedung puskesmas tersebut berjalan dengan baik dan lancar.

Suwardin merasa bangga dan senang ketika ada pembangunan gedung baru di puskesmas Ketang. Secara singkat dijelaskan olehnya bahwa pada tahun 2014 status puskesmas tersebut beralih dari puskesmas pembantu menjadi puskesmas penuh, sehingga masyarakat mendapat lebih banyak pelayanan kesehatan. Ia pun berharap agar gedung baru tersebut membuat para pegawai-pegawai puskesmas termotivasi untuk meningkatkan pelayanannya sehingga masyarakat merasa puas dan senang.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat Desa Golo Tolang, Dominikus Dandung mengatakan bahwa acara peresmian gedung baru puskesmas merupakan sebuah peristiwa yang luar biasa, karena peresmian dilangsungkan dengan acara adat.

Dandug menjelaskan bahwa masyarakat desa Golo Tolang menyambut baik kehadiran  puskesmas tersebut. “Keberadaan lembaga puskesmas ini sangatlah membatu masyarakat yang ada di Desa Golo Tolang dan seluruh pihak yang bekerja di bawah satuan lembaga puskesmas ketang,” ungkapnya. Diharapkan agar puskesmas ketang menjadi salah satu contoh dalam melayani masyarakat, khususnya di Desa Golo Tolang. (Mulia Donan)
comments

No comments:

Post a comment