Latest News

Saturday, 8 October 2016

T&T ke Tujuh, 1000 Guru Kupang Sambangi SDN 2 Lelogama

Komunitas 1000 Guru Kupang bersama para siswa SDN 2 Lelogama


Kupang, Cakrawala NTT

Dalam kegiatan rutinnya yang bertajuk Traveling and Teaching/T&T (jalan-jalan dan mengajar), komunitas 1000 Guru Kupang mengunjungi sebuah sekolah di Kecamatan Amfoang Selatan, Kabupaten Kupang. Kegiatan ini merupakan T&T yang ke tujuh kalinya dilakukan oleh organisasi berbasis tenaga relawan ini. Berlangsung selama dua hari, yaitu pada Sabtu 24/9/2016 hingga Minggu 25/9/2016, kegiatan ini berjalan lancar dan cukup mendapat dukungan dari warga, khususnya orang tua murid, dan badan komite sekolah dari SDN 2 Lelogama yang menjadi tujuan dari T&T ke tujuh tersebut.

Berbagi pengetahuan
Dalam sambutannya, mewakili pemerintah Kecamatan Amfoang Selatan, Modok bertutur, “Kami sangat berterimakasih atas kunjungan ini. Kami meminta maaf karena kondisi kami seperti ini. Jalan menuju tempat kami yang rusak. Bagi kami ini merupakan hal yang biasa. Mungkin bagi saudara-saudara yang datang, ini bukan hal biasa dan bisa saja karena kondisi jalan ini, nanti pulang (kembali ke Kupang) badan bisa sakit.” Kondisi jalan untuk mencapai tujuan memang sangat buruk. Tim yang menggunakan alat transportasi berupa Bus dari bagian transportasi Sekretaris Daerah Provinsi NTT, harus bertahan melewati jalan yang berlubang serta licin.

Di dalam kesempatan yang sama, Kepala Sekolah SDN 2 Lelogama juga memberikan sambutan. Secara umum Frida Tamoes mengungkapkan keinginannya untuk tahu lebih banyak tentang 1000 Guru Kupang dan program-programnya. “Saya masih belum tahu banyak soal 1000 Guru Kupang, harapannya kami para guru bisa diberikan pengajaran tentang metode mengajar yang baik,” Ungkap Frida.

SDN 2 Lelogama terdiri dari tiga kelas, yaitu Kelas 1 dengan (20 siswa), kelas 2 (20 siswa), dan kelas 3 (20 siswa). Tenaga pengajarnya terdiri dari satu orang PNS (kepala sekolah) dan dua orang guru honorer yang mengajar kelas 1 dan 2. Sekolah ini berdiri sejak tahun 2015. Masalah yang utama di SDN 2 Lelogama adalah gedung sekolah. Hingga kini gedung sekolah masih sangat sederhana. Sekolah terdiri dari dua bangunan berukuran kurang lebih empat kali enam meter, dan masing-masing gedung dibagi menjadi dua ruangan. Kondisinya;  berdindingkan kayu, berlantaikan tanah, dan atapnya terbuat dari daun lontar. Menurut Frida, gedung ini dibangun sebagai hasil kerja sama sekolah, orang tua murid dan inisiatif masyarakat sekitar serta dukungan dari pemerintah kecamatan. Dari keadaan ini, Frida berharap 1000 Guru Kupang dapat menjadi pihak dari rangkaian kerja sama untuk menghadapi persoalan-persoalan tersebut. 

Berbagi keceriaan
Mewakili Ketua 1000 Guru Kupang, Alif Rusli selaku ketua komunitas ini, dalam sambutannya menjelaskan gambaran tentang 1000 Guru Kupang. “Gerakan ini adalah gerakan dengan semangat memberikan bukan mengajar. Jadi kami datang lebih untuk memberi hal seperti motivasi dan donasi,” Jeas Alif.

Relawan pengajar pada TnT ke tujuh kali ini, berjumlah sembilan orang. Mereka merupakan tim pengajar terpilih setelah 1000 Guru Kupang membuka pendaftaran untuk TnT ke tujuh tersebut. Relawan ini datang dari latar belakang pekerjaan dan tempat tinggal yang beragam. Salah seorang relawan pengajar contohnya, Rian, berasal dari Jakarta. Rian yang sehari-hari berprofesi sebagai Arsitek ini, juga datang dengan misi donasi dari organisasi Kurma Foundation. Donasi dari organisasi ini berupa dukungan pembangunan MCK bagi sekolah. Semua hal teknis untuk kegiatan ini diurus oleh Tim Inti yang  berjumlah total dua puluh orang. 

Kegiatan mengajar yang dilakukan tim ini adalah jantung dari kegiatan ini. Mereka mengajarkan beberapa mata pelajaran, dengan titik berat pada ajakan bagi anak-anak untuk lebih percaya diri dan termotivasi untuk belajar dan meraih mimpi serta cita-cita mereka. Hal ini dapat dilihat pada kegiatan pemasangan Pohon Harapan. Pada kegiatan ini, para siswa menuliskan cita-cita mereka pada kertas yang berbentuk daun dan menempelkannya pada gambar pohon yang disiapkan Tim Inti. Untuk bagian kegiatan jalan-jalan kali ini dilakukan dengan mengunjungi perbukitan berumput hijau yang terletak tidak jauh dari lokasi sekolah. (Armando)

Suasana kegiatan T & T 1000 guru Kupang bersama para orang tua dan komite SDN 2 Lelogama

Keceriaan para siswa SDN 2 Lelogama saat dikunjungi komunitas 1000 guru Kupang

Komunitas 1000 guru Kupang dengan aksi traveling and teachingnya.

comments

No comments:

Post a Comment