Latest News

Saturday, 20 August 2016

AMARILIDA B. M. SAFIRA: MARI LESTARIKAN LINGKUNGAN

Amarilida B. M. Safira
Waingapu, Cakrawala NTT

Tanggal 3-9 Agustus 2016 lalu, Amarilida B. M. Safira bersama 5 rekannya mewakili NTT dalam ajang pemilihan Duta Sanitasi tingkat Nasional di Jakarta. Dalam ajang bergengsi yang melibatkan perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia tersebut, siswi SMPN 2 Waingapu, Sumba Timur ini mengaku mendapatan begitu banyak pengalaman serta pelajaran yang sangat berarti.

Kepada MPC NTT, siswi yang akrab disapa Fira ini mengungkapkan, dirinya terpilih sebagai perwakilan dari NTT setelah melewati proses seleksi baik di tingkat kabupaten maupun di tingkat provinsi. Dalam ajang tersebut, jelas siswi kelahiran Waingapu, 9 November 2002 ini, ada dua kategori yang diseleksi. Pertama, kategori gambar atau poster. Kedua, kategori karya tulis. Ia sendiri keluar sebagai juara tingkat provinsi untuk kategori poster. Atas prestasi itu, ia berangkat ke Jakarta bersama 5 siswa peserta lainnya yang berasal dari Manggarai Barat, Belu, Sikka, Flores Timur, dan Sumba Tengah.

Meski di Jakarta dirinya tidak mendapat juara, namun pengalaman mewakili NTT di tingkat nasional tetap menjadi kebanggaan tersendiri. Putri kedua pasangan Drh. Martono A.P dan Sri Liliswati S.Pd., Fis., ini mengatakan, dirinya akan menjadikan pengalaman ini sebagai motivasi utuk terus belajar meraih cita-cita dan membanggakan orang tua serta daerah tercinta.

“Meski tidak juara, tapi banyak pengalaman yang saya dapat. Salah satunya yang palign berkesan adalah ketika kunjungan ke salah satu perkampungan kumuh di Jakarta. Di sana kita melihat secara langsung kehidupan masyarakat, dan kita buat live report-nya,” tutur siswi kelas VIII SMPN 2 Waingapu ini. 

Di akhir obrolan dengan Cakrawala NTT, Fira mengajak masyarakat khususnya generasi muda untuk menjaga kelestarian lingkungan yang ada.  “Marilah kita sebagai generasi muda terlibat secara aktif dalam menjaga dan melestarikan lingkungan,” katanya. (Robert Fahik)  
comments

No comments:

Post a Comment