Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Unwira Press Gelar Pelatihan Menulis Monograf

Dokumentasi kegiatan.


Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang melalui Unwira Press menyelenggarakan kegiatan pelatihan menulis monograf selama 2 hari, yakni Senin-Selasa (27-28/5/2024), di Aula St. Paulus, Gedung Rektorat, Kampus Penfui. Ketua Pengurus Unwira Press, Dr. Reginaldo Christophori Lake, ST., MT., mengatakan, kegiatan tersebut sangat penting bagi para dosen dalam mengenal dan memahami monograf.

 

“Kami dari Unwira Press menyelenggarakan kegiatan ini karena melihat fenomena di mana dosen, mahasiswa, dan peneliti masih kebingungan dalam menyamakan persepsi terkait buku monograf, referensi, dan buku ajar,” ungkapnya.

 

Reginaldo menjelaskan, penulisan monograf memiliki rujukan yang resmi, sehingga para dosen tidak boleh salah mengaplikasikannya. Selain itu, penguatan kemampuan dalam menulis monograf, sambungnya, dapat memacu inovasi dosen untuk memublikasikan jurnalnya secara intens. Untuk itu, Reginaldo menegaskan bahwa Unwira Press selalu memperhatikan proses pengelolaan jurnal, khususnya di bidang sumber daya manusia.



Sementara itu, salah satu Pemateri, Dr. Theresia Gunawan, S.Sos., M.M., M.Phil. menjelaskan, menulis monograf bermanfaat untuk mengembangkan teori dan pengetahuan secara ilmiah dari satu subtopik dalam bidang ilmu tertentu. Dengan menulis monograf, sambungnya, seseorang (dosen) bisa berkontribusi dalam pengembangan literatur akademik.


Baca juga: Fakultas Filsafat UNWIRA Gelar Seminar Internasional tentang Tantangan Iman di Era Post-Truth

 

“Monografi ini sebagai sarana untuk menyebarkan hasil penelitian, meningkatkan reputasi akademik dan profesionalisme seorang dosen di bidangnya, serta menjadi acuan yang berguna bagi mahasiswa dalam pembelajaran dan penelitian,” tambahnya.



Baca juga: Kerja Sama dengan Comunione e Liberazione, Fakultas Filsafat UNWIRA Gelar Seminar Nasional



Lebih lanjut, pada hari kedua, Selasa (28/5/2024), kegiatan diisi dengan materi Indeksasi DOAJ (Directory Open Access Journals) dan Akreditasi Jurnal. (Aleong/MDj/red)   


Post a Comment

0 Comments