Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

MKKS SMA TTS Gelar Lomba Bahasa dan Seni bagi Peserta Didik Jenjang SMA se-TTS

Kabid Dikmensus Dinas Pendidikan Provinsi NTT, Ayub Sanam, ketika membuka kegiatan.

 

TTS, CAKRAWALANTT.COM - Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) menggelar lomba bahasa dan seni bagi peserta didik jenjang SMA se-Kabupaten TTS pada Senin-Rabu, 27-29 Mei 2024. Kegiatan perlombaan tersebut berlangsung di pelataran SMA Negeri 1 Soe.

 

Ketua MKKS SMA Kabupaten TTS, Rovis Selan, mengatakan, perlombaan tersebut digelar untuk merangsang pengembangan potensi peserta didik sekaligus merayakan semangat Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2024 yang masih berlangsung.

 

“Kegiatan ini bisa memotivasi peserta didik dalam berprestasi dan menghidupkan budaya asli daerah, seperti tarian dan paduan suara, sehingga budaya tidak hilang seiring kemajuan zaman. Ini juga menjadi momen untuk merayakan semangat Hardiknas,” terangnya.



Kemudian, lanjut Rovis, kegiatan tersebut rutin digelar setiap tahun, sehingga masing-masing sekolah selalu mempersiapkan peserta didiknya untuk berpartisipasi dalam setiap mata lomba. Terkait mata lomba, Rovis menerangkan bahwa pihak menambahkan satu perlombaan baru, yakni cerita rakyat atau legenda. Hal itu, menurutnya, bisa membantu pelestarian budaya yang dipandang sebagai sumber daya lokal.

 

Pada kesempatan tersebut, Rovis menyampaikan terima kasih kepada para kepala sekolah, Pemerintah Daerah Kabupaten TTS, Kodim 1621, Polres TTS, dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi NTT yang diwakili oleh Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Khusus (Dikmensus).



Sementara itu, Ketua Panitia Perlombaan, Putri Babys, menambahkan, kegiatan tersebut bisa meningkatkan kreativitas dan inovasi pendidikan di Kabupaten TTS. Untuk itu, sambungnya, pihak panitia mengadakan beragam mata lomba, seperti paduan suara, menyanyi solo putera dan puteri, debat dan pidato dalam bahasa Indonesia dan Inggris, cipta dan baca puisi, menulis cerita rakyat TTS, serta menari kreasi.  

 

Pantauan media, kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kabid Dikmensus Dinas Pendidikan Provinsi NTT, Ayub Sanam. Turut hadir pada kesempatan tersebut, yakni Kepala BKPSDM Kabupaten TTS, Anggota DPRD Kabupaten TTS, Ketua MKKS SMK, para kepala SMA dan SMA se-Kabupaten TTS, serta para guru pendamping. (Albert Baunsele/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments