Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

MKKS Jenjang SMP Kabupaten Sikka Gelar Pembahasan Pencapaian Rapor Pendidikan dan Pelantikan Pengurus Baru

Pose bersama.

Sikka, CAKRAWALANTT.COM - Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kabupaten Sikka menggelar kegiatan pembahasan pencapaian rapor pendidikan dan pelantikan pengurus baru, Rabu (15/5/2024). Kegiatan tersebut dipandu oleh Kepala SMP Negeri 1 Talibura, Siti Nuraini Ajid, selaku Narasumber.

 

Dalam pemaparan materinya, Nuraini menyoroti hasil rapor sekolah yang masih berwarna kuning, sehingga perlu diperhatikan dan diintervensi secara serius. Menurutnya, ada 3 komponen yang menjadi penentu nilai rapor sekolah, yakni Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Lingkungan Belajar, dan Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

 

“(Mungkin) selama tidak terlalu dianggap penting, sehingga asal mengisi. Tetapi, dengan melihat hasil rapor ini, maka perlu mengingatkan agar diisi sesuai dengan keadaan. Sebagai pimpinan, kita seharusnya bisa merangkul semua guru untuk sama-sama memperhatikan survei lingkungan belajar ini,” tukasnya.

 

Ia menambahkan, kepala sekolah harus memperhatikan proses pengelolaan kinerja. Kepala sekolah, harap Nuraini, wajib melakukan tahapan-tahapan dalam proses penilaian. Ia berharap, semua kepala sekolah bisa menciptakan proses komunikasi yang timbal balik bersama para guru.

 

Regenerasi Kepemimpinan

 

Lebih lanjut, setelah pembahasan tersebut, dilangsungkan pelantikan dan serah terima jabatan pengurus MKKS yang baru. Abdon Plasidus resmi menjadi nahkoda baru MKKS Jenjang SMP se-Kabupaten Sikka menggantikan Vitalis Paskalis Sukalumba.

 

Saat acara penyerahan jabatan, Vitalis menyampaikan limpah terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung program kerja MKKS selama masa kepemimpinannya. Baginya, regenerasi kepemimpinan adalah hal yang baik dalam sebuah organisasi demi keberlanjutan misi dan program kerja.

 

“Terima kasih atas kepercayaan dan kerja samanya. Apresiasi kepada para pengurus yang baru. Semoga semua misi dan program kerja bisa terus berlanjut dan bermuara pada penguatan mutu pendidikan kita,” ungkapnya.

 

Sementara itu, Abdon, selaku Ketua MKKS yang baru, berharap agar semua kepala sekolah bisa saling bekerja sama, berkolaborasi, dan bersinergi untuk mendukung upaya peningkatan mutu pendidikan.

 

“Semoga kita semua bisa saling dan selalu menjalin komunikasi dan kerja sama agar apa yang menjadi tujuan organisasi ini bisa terwujud sesuai yang kita harapkan,” ujarnya.

 

Untuk diketahui, kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (PKO) Kabupaten Sikka serta 50-an kepala sekolah. (Kristina Deran Duli/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments