Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Luar Biasa! SMA Negeri 1 Atambua Gelar Karya P5 dan Pentas Seni

Dokumentasi kegiatan. Foto: Arsip sekolah.


Belu, CAKRAWALANTT.COM - Dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Atambua, Kabupaten Belu, menggelar kegiatan “Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Pentas Seni”, Kamis (2/5/2024). 


Kegiatan yang mengusung tema “Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar” tersebut turut dihadiri oleh Kepala SMA Negeri 1 Atambua, Koordinator Pengawas (Korwas) SMA/SMK Kabupaten Belu, komite sekolah, para guru dan peserta didik, serta tamu undangan.



Korwas SMA/SMK Kabupaten Belu, Florina I. M. Taelake, dalam sambutannya, mengatakan bahwa proses perubahan karakter peserta didik dalam karya dan kegiatan P5 merupakan bagian dari implementasi Kurikulum Merdeka guna mendukung para guru untuk terus berinovasi dan berkarya.

 

“Kegiatan ini sangat baik, sehingga bisa menjadi agenda tahunan untuk terus mengembangkan kreativitas siswa sebagai bekal dan dapat diimplementasikan dalam kehidupan masyarakat,” ujarnya.



Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Atambua, Dominikus Seran Bria, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung hasil karya para peserta didik. Karya-karya tersebut, jelasnya, merupakan kekuatan, motivasi, dan implementasi para peserta didik dari hasil belajar P5 yang diusung oleh sekolah dalam menunjang Kurikulum Merdeka.

 

“Kegiatan P5 yang diusung oleh sekolah terdiri dari kearifan lokal, gaya hidup berkelanjutan (pengurangan dan pengolahan sampah), suara demokrasi, bangunlah jiwa dan raganya, Bhineka Tunggal Ika, serta berekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI,” tambahnya.



Menampilkan Karya Kearifan Lokal dan Pentas Seni

 

Untuk diketahui, dalam memperingati Hardiknas tahun 2024, terdapat dua (2) tema yang diusung oleh SMA Negeri 1 Atambua, yakni “Kearifan Lokal” dan “Gaya Hidup Berkelanjutan (Pengurangan dan Pengolahan Sampah)". Masing-masing kelas memamerkan hasil karya kearifan lokal, seperti makanan lokal, media belajar dari limbah kertas, plastik, ecobrik, slogan pengurangan sampah, kerajinan tangan yang diolah dari barang-barang bekas, dan produk lainnya.

 

Selain itu, pada kesempatan tersebut, para peserta didik juga menampilkan pentas seni berupa tarian Likurasi, grup vokal, tari kreasi, dan lain sebagainya. Para peserta didik kelas XI Alam 1 turut menyumbangkan aksi drama dengan tema “Bandung Lautan Api” yang menjadi simbol perjuangan dan pengorbanan kemerdekaan Indonesia.



Salah satu peserta didik kelas X, Anike Joice Meko, mengaku sangat senang dan bangga, sebab bisa berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut bisa menjadi inspirasi bagi dirinya dan peserta didik lain untuk terus belajar dan berkarya.

 

“Saya sangat senang, tetapi ada sedihnya juga, karena persiapan kami kurang maksimal karena ini yang pertama buat kami. Semoga ke depannya, kegiatan ini dapat memberikan kami dorongan dalam hal belajar dan berkarya lewat kegiatan-kegiatan P5,” ungkapnya.



P5 Harus Terus Berlanjut

 

Di sisi lain, Koordinator Pelaksana P5, Hildegardis Uduk, ketika diwawancarai, mengatakan bahwa kegiatan P5 harus berlanjut, sebab tema-tema yang telah dikembangkan oleh sekolah harus sampai pada tahapan gelar karya.

 

“Kegiatan ini, ke depannya, akan digelar secara rutin dengan menghadirkan berbagai tokoh di Kabupaten Belu dan orang tua peserta didik dengan jumlah yang banyak untuk menyaksikan karya para peserta didik. Semoga ke depannya bisa berjalan lebih lancar dan membutuhkan dukungan untuk kegiatan selanjutnya,” tukasnya.



Senada dengan itu, salah satu orang tua peserta didik, Siprianus Mau Pelu, turut mendukung keberlanjutan kegiatan P5, sebab baginya, kegiatan tersebut dapat memotivasi anak-anak untuk selalu berinovasi secara kreatif.

 

“Kami selaku orang tua merasa bangga melihat anak-anak tampil dengan bagus dan karya mereka luar biasa,” pungkasnya. (Silvester Kiik/MDj/red)


Post a Comment

1 Comments

  1. kegiatan yang di selenggarakan semoga dapat menumbuhkan semangat belajar siswa-siswi. Mantap... SMANSA....

    ReplyDelete