Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Ambrosius Kodo: Sekolah harus Melahirkan Lulusan yang Berkualitas

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Ambrosius Kodo.


TTS, CAKRAWALANTT.COM - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Ambrosius Kodo, mengajak semua sekolah untuk melahirkan lulusan-lulusan yang berkualitas. Hal itu disampaikannya saat membuka kegiatan “Sinkronisasi Dapodik Peserta Didik Jenjang SMA, SMK, dan SLB dengan Data Kependudukan se-Daratan Timor” di SMA Negeri 1 Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Jumat (17/5/2024).

 

Ambrosius mengatakan, SMA, SMK, dan SLB harus bisa menghasilkan output yang berkualitas. Output tersebut, jelasnya, tidak semata menyelesaikan proses pendidikan, tetapi bagaimana berdampak bagi masyarakat. Oleh sebab itu, sambung Ambrosius, semua sekolah harus memperhatikan proses pendidikan yang berlangsung agar berpengaruh pada kualitas output.



“Kita harus membangun mimpi yang sama agar SMA, SMK, dan SLB bisa menghasilkan output yang berkualitas. Lulusan SMK juga diharapkan bisa memiliki keterampilan yang baik sebagai tenaga kerja yang profesional,” ujarnya.

 

Ambrosius menambahkan, pihak sekolah, terutama SMK, harus bisa memanfaatkan lahan sekolah untuk mendukung pemasukan lembaga dan pengembangan potensi peserta didik.



Lebih lanjut, ia mendorong pihak sekolah untuk membangun kolaborasi bersama pihak-pihak lain, misalnya kampus, untuk memberikan pendampingan bagi para guru. Nantinya, para guru tersebut, sambung Ambrosius, bisa mengimbaskan hasil pendampingan kepada peserta didik.


“Setelah pendampingan, kita berharap, akan ada peserta didik yang bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, seperti perguruan tinggi atau sekolah-sekolah kedinasan. Semua ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan-lulusan yang berkualitas,” pungkasnya. (Albert Baunsele/MDj/red) 

Post a Comment

0 Comments