Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Kepala SMPN 1 Fatuleu: Penguatan Literasi bagi Peserta Didik Penting Dilakukan

Kepala SMPN 1 Fatuleu, Viktor Imanuel Sanam.


Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Fatuleu, Kabupaten Kupang, Viktor Imanuel Sanam, mendukung upaya penguatan aspek literasi bagi peserta didik. Menurutnya, penguatan literasi sangat penting untuk dilakukan. Hal itu disampaikan ketika diwawancarai oleh media ini, Rabu (17/4/2024).  

 

“Penguatan aspek literasi bagi peserta didik penting dilakukan. Saya mendukung penuh hal itu,” ungkapnya di sela-sela kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Literasi dan Seni Pertunjukan bagi Peserta Didik bersama Yayasan Rumah Literasi Cakrawala.

 

Viktor mengatakan, literasi merupakan salah satu aspek penting yang dinilai dalam rapor pendidikan. Literasi, sambungnya, berkaitan dengan kemampuan peserta didik dalam membaca dan menganalisis informasi, serta memecahkan setiap persoalan dengan baik. Untuk itu, tegas Viktor, setiap peserta didik harus memiliki kecakapan literasi yang mumpuni.

 

“Literasi ini adalah salah satu penilaian dalam rapor pendidikan. Nilai kita masih berwarna merah, sehingga dengan penguatan aspek literasi di kalangan peserta didik diharapkan nilai tersebut bisa berubah menjadi hijau,” terangnya.


Suasana bimtek literasi di SMPN 1 Fatuleu bersama Yayasan Rumah Literasi Cakrawala.

Di sisi senada, ia mengapresiasi Yayasan Rumah Literasi Cakrawala yang turut mendukung upaya penguatan literasi di kalangan peserta didik SMPN 1 Fatuleu melalui kegiatan bimtek tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut dapat merangsang kebiasaan membaca dan menulis peserta didik, sehingga turut memperkuat kecakapan literasi.

 

“Anak-anak bisa terbiasa untuk menulis. Mereka bisa berpikir kritis dan kreatif. Tentunya, itu dapat memperkuat aspek literasi mereka, sebab membaca dan menulis adalah bagian dari literasi,” tukasnya.

 

Viktor berharap, kegiatan tersebut bisa berimbas pada peserta didik lainnya, sehingga berdampak positif bagi proses pembelajaran di dalam kelas. Hal itu, pungkasnya, dapat mendukung komitmen Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kupang dalam meningkatkan mutu pendidikan. (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments