Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Kantor Bahasa Provinsi NTT Gelar Lokakarya Kosakata Bahasa Rote

Suasana lokakarya bahasa Rote bersama Kantor Bahasa Provinsi NTT.


Rote Ndao, CAKRAWALANTT.COM - Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali menggelar kegiatan lokakarya bahasa daerah. Pada 24-26 April 2024, bertempat di Aula Hotel Ricky, Ba’a, Kabupaten Rote Ndao, Kantor Bahasa Provinsi NTT menggelar kegiatan lokakarya kosakata bahasa Rote. Kegiatan ini bertujuan untuk memverifikasi data kosakata budaya dan biota laut Rote selain juga untuk menyepakati ortografi yang digunakan.

 

Koordinator Kelompok Kepakaran dan Layanan Profesional (KKLP) Perkamusan dan Istilah, Kantor Bahasa Provinsi NTT, Haniva Yunita Leo, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari program pemerkayaan kosakata bahasa Indonesia yang bersumber dari bahasa daerah.




“Data kosakata budaya yang dilokakaryakan akan diusulkan ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sedangkan kosakata biota laut akan disusun menjadi kamus biota laut Rote-Indonesia,” ujarnya saat menyampaikan sambutan.

 

Untuk diketahui, kegiatan tersebut adalah kelanjutan dari kegiatan pengambilan data kosakata bahasa Rote yang berlangsung pada bulan Maret 2024.



Adapun mitra yang terlibat dalam kegiatan tersebut, antara lain ialah Linguis dari Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW), Theresia Tamelan, S.Pd., M.App.Ling., Ph.D., yang membawaan materi “Ortografi Bahasa Rote” serta Pakar Perikanan dari Universita Nusa Cendana (Undana), Dr. Chatarine A. Paulus, S.Pi., M.Si., CRA., CRP., CRMP.

 

Sedangkan, peserta dalam kegiatan tersebut adalah para penutur bahasa Rote dialek Lole, Diu, dan Termanu yang berprofesi sebagai kepala adat, pemerhati budaya, nelayan, dan guru. (Denis-KBNTT/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments