Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

SMA Negeri 1 Pacar Gelar MGMP Penyusunan Soal Ujian Semester dan Ujian Sekolah

 

Suasana MGMP di SMA Negeri 1 Pacar.


Manggarai Barat, CAKRAWALANTT.COM - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Pacar, Kabupaten Manggarai Barat, menggelar kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Penyusunan Soal Ujian Semester VI dan Ujian Sekolah Kelas XII selama 2 hari, yakni Rabu-Kamis (6-7/3/2024), di sekolah setempat. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala SMA Negeri 1 Pacar, para guru dan tenaga kependidikan, serta pengawas pembina sekolah.

 

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru, terutama dalam penyusunan soal ujian semester dan ujian sekolah. Adapun beberapa hal yang menjadi topik utama kegiatan adalah penyusunan soal, kisi-kisi soal, serta indikator dan level soal.

 

Dalam penyampaian awalnya, Ketua Pelaksana Kegiatan, Gregorius Suryanto, mengatakan bahwa kondisi rapor pendidikan saat ini masih membutuhkan pembenahan dan upaya peningkatan.

 

“Kegiatan ini sebenarnya untuk memenuhi tuntutan rapor pendidikan dan sasaran kita adalah penyusunan soal ujian semester VI dan ujian sekolah untuk kelas XII,” ujarnya.    

 

Ia menambahkan, kegiatan tersebut menargetkan empat paket soal yang disusun untuk tiap mata pelajaran, di mana satunya sebagai paket utama dan yang lainnya sebagai paket susulan.



Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Pacar, Yuventus Panok, mengapresiasi semua pihak yang telah mendukung penyelenggaraan kegiatan MGMP tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut berguna untuk mendukung proses pengembangan dan peningkatan kompetensi guru, terutama dalam penyusunan soal ujian yang berkualitas bagi peserta didik.

 

“Ini adalah salah satu pengembangan kompetensi yang dimiliki oleh guru, sehingga bisa diimplementasikan dalam penyusunan soal bagi peserta didik saat ujian semester maupun sekolah,” tukasnya.  

 

Di sisi senada, Pengawas Pembina Sekolah, Sarifudin, S.Pd., yang bertindak sebagai Narasumber dalam kegiatan tersebut, mengemukakan fakta bahwa para guru sering tidak mengerjakan soal melalui prosedur yang benar.

 

“Kebanyakan tidak menggunakan kisi-kisi soal atau kartu soal. Semua langsung menuju naskah soalnya,” paparnya.

 

Dalam penyampaian materi, Sarifudin mengajak para guru untuk berfokus pada soal HOTS atau High Order Thinking Skills.



“Soal HOTS ini berkaitan erat dengan Kurikulum Merdeka, yakni pada bagian enam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5),” tambahnya.


Lebih lanjut, jelas Sarifudin, penilaian HOTS tidak terpisah dari LOTS atau Low Order Thinking Skills. HOTS, ungkapnya, menuntun anak-anak didik untuk bernalar dan berpikir tingkat tinggi, sehingga guru harus memberikan pelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan wajib menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan.

 

“Soal HOTS bisa dalam bentuk tabel atau narasi. Dengan cara ini, ada stimulus yang diberikan kepada anak, sehingga dapat berlatih untuk berpikir,” pungkasnya.

 

Sesuai pantauan, kegiatan MGMP tersebut berlangsung dengan aman, lancar, dan sesuai rencana. Adapun hasil yang dicapai adalah kisi-kisi soal serta soal-soal untuk ujian semester dan ujian sekolah. Nantinya, semua soal tersebut akan dikumpulkan ke pihak kurikulum. (Sirilus Gonsi/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments