Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Bimas Katolik Kantor Kemenag TTS Gelar Pembinaan bagi Penyuluh Agama Katolik Angkatan II

 

Pose bersama.


TTS, CAKRAWALANTT.COM - Bimbingan Masyarakat (Bimas) Katolik, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), menggelar kegiatan Pembinaan bagi Penyuluh Agama Katolik Angkatan II, Sabtu (16/3/2024), di Aula Haumeni, Kantor Kemenag TTS. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menyiapkan para penyuluh (tenaga pastoral) untuk menjadi suluh/obor bagi umat sekaligus mengemban visi dan misi Kemenag.

 

Kepala Seksi Bimas Katolik, Kantor Kemenag TTS, James Umbu Tobu, mengatakan, terdapat tujuh (7) program prioritas Kemenag, salah satunya adalah transformasi digital sebagai dampak dari masifnya perkembangan teknologi saat ini. Berangkat dari kondisi tersebut, sambung James, maka pihaknya menggelar kegiatan pembinaan bagi para penyuluh dengan mengusung tema “Spiritualitas Penyuluh sebagai Pewarta Kabar Gembira dalam Moderasi Beragama”.

 

“Dengan tema itu, para penyuluh bisa memiliki kualitas, wawasan, dan akhlak yang baik, serta berintegritas dalam menjalankan perannya. Maka, di tengah perkembangan teknologi yang kian masif, mereka dapat menjadi inovator dan motivator dalam menerapkan kerukunan dan moderasi beragama,” ungkapnya ketika memberikan arahan awal.   



Sementara itu, dalam pemaparan materinya, RD. Blasius T. Soedarso Udjan, menerangkan bahwa moderasi beragama terikat dalam konstitusi yang menjamin kemerdekaan umat beragama dalam memeluk dan menjalankan ajaran agamanya masing-masing.

 

“Semua itu juga terkandung dalam nilai-nilai Pancasila yang berlaku dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ucapnya.

 

Di sisi senada, Kepala Kesbangpol Kabupaten TTS, George D. Mella, mengajak para penyuluh untuk mengetahui secara baik indikator moderasi beragama, yakni komitmen kebangsaan, toleransi, anti-kekerasan, dan menghargai tradisi.



“Indikator-indikator itu dapat berjalan baik dengan adanya Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI,” pungkasnya.

 

Pantauan media, kegiatan pembinaan tersebut berjalan dengan baik. Di dalamnya, terdapat sesi diskusi dan tanya-jawab yang dipandu oleh para Narasumber. (Albert Baunsele/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments