Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Wensislaus Kavit: Komunitas Belajar Berperan Penting dalam Penguatan Kapasitas Guru

 

Kepala SD Inpres Oesapa Kecil 1, Wensislaus Kavit.


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Kepala Sekolah Dasar (SD) Inpres Oesapa Kecil 1, Kota Kupang, Wensislaus Kavit, mengatakan bahwa komunitas belajar berperan penting dalam proses penguatan kapasitas guru. Menurutnya, komunitas belajar dapat membantu para guru untuk saling berbagi dan belajar terkait perkembangan pembelajaran.

 

“Kelompok guru di sini membentuk komunitas belajar, sehingga guru-guru yang kurang memahami perkembangan pendidikan atau pembelajaran dapat saling belajar dan berbagi. Mereka bisa berefleksi dan menemukan solusi atas persoalan-persoalan yang dialami dalam kelas,” ujarnya ketika ditemui di ruang kerjanya, Senin (5/2/2024).

 

Ia mengungkapkan, perkembangan pendidikan saat ini menuntut para guru untuk dapat menguatkan kapasitasnya. Hal itu, jelas Wensislaus, tidak hanya berkutat pada aspek intelektual (kepintaran), tetapi juga keterampilan memimpin pembelajaran dan pengembangan potensi diri. Dengan begitu, sambungnya, dibutuhkan kerja sama dan kolaborasi di antara para guru untuk terus belajar dan saling berbagi.

 

“Saat ini, kalau hanya mengandalkan kepintaran itu tidak terjamin. Makanya, melalui komunitas belajar ini, para guru di tingkat sekolah maupun gugus dapat terus belajar dan berbagi guna meningkatkan kompetensi dan profesionalismenya dari segi pengetahuan maupun administrasi,” tambah Wensislaus.  


Tampak depan sekolah.

Selain itu, tegasnya, pelaksanaan program dalam komunitas belajar tersebut tidak boleh mengganggu jalannnya pembelajaran.  

 

Wensislaus menerangkan, melalui komunitas belajar tersebut, para guru juga dapat mengimplementasikan program-program dari dinas pendidikan. Pada tahun 2024 (ini), lanjutnya, para guru dalam komunitas belajar tersebut akan menerapkan Kurikulum Merdeka.

 

Ia berharap, pada tahun 2024, pihaknya dapat mencapai beberapa target yang telah disepakati, yakni meningkatkan mutu lulusan, menguatkan aspek karakter dan pengetahuan peserta didik, serta mendorong penguatan kapasitas guru. Semua itu, pungkasnya, berguna untuk mendukung peningkatan mutu pendidikan. (MDj/red)  


Post a Comment

0 Comments