Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Melkias Labba: Penguatan Kapasitas Guru Penting dalam Proses Pendidikan

 

Kepala SD Swasta Generasi Bangsa, Melkias Labba, M.Pd., MA.


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Kepala Sekolah Dasar (SD) Swasta Generasi Bangsa, kota Kupang, Melkias Labba, M.Pd., MA., mengatakan bahwa penguatan kapasitas guru sangat penting dalam proses pendidikan. Menurutnya, sumber daya manusia (SDM), yakni guru, berperan strategis untuk meningkatkan mutu pendidikan.

 

“Untuk saat ini, kami fokus menguatkan kapasitas guru-guru kami, sebab sebagai sumber daya manusia dalam dunia pendidikan, guru berperan strategis untuk mendukung peningkatan mutu pendidikan,” ungkap Melkias ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis (25/1/2024).

 

Ia menuturkan, beberapa aspek dalam rapor pendidikan sekolahnya mulai meningkat seiring dengan berjalannya waktu, meskipun masih terdapat beberapa hal yang perlu dibenahi. Guna mempertahankan dan meningkatkan pencapaian itu, ujar Melkias, pihaknya berfokus pada penguatan kapasitas guru, terutama dalam proses pembelajaran.

 

Menurut Melkias, pendekatan yang dilakukan oleh guru terhadap para peserta didik jenjang SD tentu berbeda dan membutuhkan kerja lebih. Hal itu, sambungnya, menuntut para guru untuk mampu membuat desain dan model pembelajaran yang sesuai, sehingga mudah beradaptasi dengan berbagai perkembangan, termasuk kurikulum.


Suasana pembelajaran di salah satu kelas.

“Guru harus mampu membuat desain dan model pembelajaran, terbiasa dengan perkembangan, dan dapat membuat standar khusus. Semua itu bermanfaat agar tidak mudah terpengaruh dengan kesulitan-kesulitan yang terjadi akibat perkembangan kurikulum,” jelasnya.

 

Baginya, guru adalah penggerak pendidikan. Sebagai penggerak pendidikan, ungkapnya, guru harus bisa mengembangkan pembelajaran yang berkualitas dan bertanggung jawab atas perkembangan peserta didik, baik secara intelektual, mental, maupun karakter.

 

Membangun Kerja Sama

 

Untuk mendukung tercapainya harapan-harapan tersebut, Melkias akan membangun kerja sama dan berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait.

 

“Kami akan membangun kerja sama dengan pihak-pihak yang berkecimpung dalam dunia pendidikan guna mendukung penguatan kapasitas guru. Kami siap berkolaborasi,” ujarnya.



Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang yang selalu mendukung lembaga pendidikan yang dipimpinnya tersebut.

 

Ke depannya, Melkias berharap bisa menyediakan laboratorium komputer dan perpustakaan yang lebih baik untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik. (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments