Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Siswi SMAK St. Stefanus Ketang Lolos Seleksi Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional

Siswi SMAK St. Stefanus Ketang, Maria Prisila Ajul.


Manggarai, CAKRAWALANTT.COM - Maria Prisila Ajul, Siswi Sekolah Menengah Agama Katolik (SMAK) St. Stefanus Ketang, lolos seleksi Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional yang diselenggarakan secara daring oleh Goethe Institute Jakarta pada 25 November 2023 yang lalu di Labuan Bajo. Hasil seleksi peserta Olimpiade Nasional untuk wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) baru saja diumumkan pada tanggal 3 Desember 2023.


Pada seleksi Tingkat Regio Manggarai Raya (Manggarai, Manggarai Timur dan Manggarai Barat), Rila, demikian ia disapa, berhasil meraih urutan kedua dari 29 peserta yang merupakan utusan dari sembilan SMA/SMK. Sedangkan, pada seleksi Tingkat Provinsi NTT, Rila berhasil mencatatkan namanya pada urutan keempat dari 100 orang partisipan dengan mendulang poin 39. 


Bagi Rila, tampil dalam Olimpiade Nasional merupakan sebuah prestasi yang sangat membanggakan. Selain itu, tambah Rila, prestasi yang sekarang diraihnya merupakan buah dari kerja keras dan keseriusan dalam belajar dan mengikuti bimbingan. 


“Saya bersyukur sudah sampai pada titik ini. Tidak menyangka kalau saya berhasil lolos ke ajang olimpiade Tingkat nasional. Semua ini adalah hasil dari belajar dan Latihan yang serius bersama guru pembimbing kami,” ujar Siswi kelas XII Jurusan Bahasa ini dengan penuh bangga.


Rasa bangga juga diungkapkan oleh Maria Mersiana Suju Pampo, guru Bahasa Jerman sekaligus pendamping Rila dan kawan-kawannya.


“Saya sangat bangga dan turut merasa hebat berkat anak-anak yang hebat ini. Mereka telah mengharumkan nama Lembaga SMAK St. Stefanus Ketang, Manggarai dan tentunya juga Kementerian Agama. Selain apresiasi yang diberikan kepada mereka, saya berharap ke depannya semakin banyak siswa yang termotivasi untuk belajar bahasa Jerman,” ungkapnya.


Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional baru akan diselenggarakan pada tanggal 15 Januari 2024 mendatang. Bersama Maria Prisilia Ajul, terdapat 7 peserta lain yang akan mewakili NTT dalam ajang tersebut. Mereka adalah Georgina Ananda Puteri Seme (SMA Katolik Frateran Ndao, Ende), Christiano Erwiansyah Putra (SMAK St. Ignatius Loyola, Labuan Bajo), Aprilia Velisia Boli (SMAN 01 Kupang Timur), Jessika Almeida Sasmita (SMA Katolik Frateran Maumere), serta Nirvana Putra Alfiansyah dan Eyn Florencia Yellania Bazikho, keduanya mewakili SMAK Anda Luri, Waingapu.


Bersama peserta lomba dari seluruh Indonesia, kedelapan duta NTT ini akan diuji dalam empat kategori yang dilombakan dalam ajang olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional, yaitu ketrampilan membaca (Lesen), menulis (Screiben), mendengarkan (Hoeren) dan berbicara (Sprechen). (Sipri Kantus/MDj/red)   



Post a Comment

0 Comments