Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Pj. Gubernur NTT Hadiri Acara Penyerahan DIPA dan TKD TA. 2024

 

Dokumentasi kegiatan. Foto: Biro AP Setda Prov. NTT.


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Ayodhia G. L. Kalake, SH., MDC., menghadiri acara penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Transfer ke Daerah (TKD) Tahun Anggaran (TA) 2024 oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Ir. Joko Widodo, Rabu (29/11/2023).

 

Kegiatan penyerahan tersebut berlangsung secara virtual bertempat di Ruang Rapat Kantor Gubernur NTT. Turut hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi NTT, Catur Ariyanto Widodo, Sekretaris Daerah Provinsi NTT, Kosmas Lana, dan  Pimpinan Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Provinsi NTT.

 

Penyerahan DIPA dan TKD TA. 2024 tersebut dilakukan secara berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena dilaksanakan secara digital dan tidak lagi berbentuk dokumen fisik.



Dalam sambutannya, Presiden RI menekankan pengelolaan anggaran dilaksanakan dengan mengedepankan transparansi dan akuntabilitas.

 

“Jangan membuka celah sedikitpun untuk penyalahgunaan anggaran, berkaitan dengan korupsi apalagi, tutup celah itu,” tegas Presiden.

 

Lebih lanjut, Presiden menegaskan pentingnya melakukan realisasi anggaran yang telah disiapkan sebab anggaran yang dibelanjakan berorientasi pada hasil.

 

“Prosedur itu wajib tapi orientasinya jangan prosedur, orientasinya harus pada hasil, fokusnya pada hasil dan yang paling penting juga bemanfaat maksimal bagi rakyat,” ujar Presiden.



Presiden juga menekankan pemanfaatan dana transfer daerah untuk perbaikan layanan publik, pendidikan, kesehatan, dan mendorong alternatif-alternatif inovasi pembiayaan, sehingga iklim investasi tetap terjaga.

 

“Tahun ini adalah tahun terakhir pemerintahan periode ini sehingga saya pesan agar anggaran dioptimalkan, tuntaskan agenda pembangunan yang belum selesai, yang sudah direncanakan tetapi belum bisa, tuntaskan untuk memperkuat fondasi bagi pemerintah yang akan datang,” pungkasnya. (Biro AP Setda Prov. NTT/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments