Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

SMPS Hanura Danga Berkomitmen Dukung Penguatan Literasi

 

Pose bersama peserta didik, guru, dan narasumber.


Nagekeo, CAKRAWALANTT.COM - Sekolah Menengah Pertama Swasta (SMPS) Hanura Danga, Kabupaten Nagekeo, berkomitmen untuk mendukung upaya penguatan literasi di kalangan guru dan peserta didik. Hal itu disampaikan oleh Kepala SMPS Hanura Danga, Kristoforus Jo Wea, S.Pd., ketika menutup kegiatan Workshop Penguatan Literasi bagi Guru dan Peserta Didik, Sabtu (4/11/2023), di halaman sekolah setempat.

 

Kristoforus memberikan apresiasi kepada para peserta workshop, yakni guru dan peserta didik, yang telah berpartisipasi dalam kegiatan literasi bersama Yayasan Rumah Literasi Cakrawala selama 3 hari, yakni Kamis-Sabtu (2-4/11/2023).

 

“Terima kasih kepada para peserta, yakni Bapak dan Ibu guru serta peserta didik, yang telah belajar bersama selama tiga hari,” ujarnya.


Kepala SMPS Hanura Dangan saat menyampaikan sambutan.

Menurut Kristoforus, literasi dasar berupa membaca dan menulis sangat penting bagi guru sebagai penggerak pendidikan dan peserta didik sebagai subyek pendidikan. Semua proses pendidikan, terutama terkait ilmu dan pengetahuan, ungkapnya, harus “diikat” dengan karya tulis.

 

“Ikatlah ilmu dengan tulisan. Kita semua harus bisa menghasilkan karya tulis sebagai hasil dari proses pendidikan yang telah kita lalui,” tegasnya di depan para guru dan peserta didik.

 

Melalui kegiatan tersebut, Kristoforus berharap agar para guru dan peserta didik bisa menumbuhkan kultur literasi di lingkungan sekolah.


Presentasi karya tulis di kelas guru.

“Yang kita kejar dan ingin wujudkan adalah kultur atau budaya literasi di lingkungan ini. Para guru dan peserta didik bisa giat menghasilkan karya tulis secara berkelanjutan sebagai imbas dari partisipasi kita dalam kegiatan ini,” tandasnya.

 

Teken MoU Bersama Yayasan Rumah Literasi Cakrawala

 

Pada kesempatan tersebut, SMPS Hanura Danga yang diwakili langsung oleh Kristoforus Jo Wea, S.Pd., selaku Kepala Sekolah, menandatangani Memorandum of Understanding (Nota Kesepahaman) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) bersama Yayasan Rumah Literasi Cakrawala sebagai komitmen untuk mendukung upaya penguatan literasi.  

 

Kristoforus mengatakan, penandatanganan MoU dan PKS tersebut menjadi dasar jalinan kerja sama untuk menyelenggarakan kegiatan literasi secara berkelanjutan, terutama penguatan literasi di kalangan peserta didik.


Pementasan karya peserta didik.

“Saya berharap, kegiatan serupa bisa terus terlaksana sesuai kesepakatan yang tertuang dalam poin-poin kerja sama tersebut. Ke depannya, kita akan fokus pada peserta didik melalui program Lispena yang diberikan oleh Yayasan Rumah Literasi Cakrawala,” ungkapnya.

 

Sementara itu, Perwakilan Yayasan Rumah Literasi Cakrawala, Mustakim, menyampaikan terima kasih kepada pihak SMPS Hanura Danga yang telah berkomitmen untuk mendukung penguatan literasi.

 

“Mewakili seluruh jajaran, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Keluarga Besar SMPS Hanura Danga,” ujarnya


Penandatanganan MoU.

Melalui penandatanganan MoU dan PKS tersebut, Mustakim berharap, sinergitas dan kolaborasi bisa terus terbangun guna mendukung pengembangan potensi guru dan peserta didik dalam berbagai kegiatan literasi.

 

Untuk diketahui, para peserta workshop, baik guru dan peserta didik, diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil kerja (produk literasi) pada Sabtu (4/11/2023) bersama para Narasumber dari Yayasan Rumah Literasi Cakrawala. Para guru mempresentasikan hasil karya tulis berupa esai ilmiah, sedangkan para peserta didik mementaskan produk karya tulisnya melalui program Lispena (Literacy and Performing Arts). (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments