Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Fakultas Filsafat Unwira Tanggapi Krisis Global dalam Seminar Internasional Bertajuk “Philosophy and Civilization”

 

Brosur seminar nasional.


Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Fakultas Filsafat, Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang, akan mengadakan Seminar Internasional bertajuk Philosophy and Civilization pada tanggal 2 Desember 2023 mendatang. Tema yang diangkat dalam seminar tersebut merupakan bentuk kepedulian dan jawaban Fakultas Filsafat Unwira terhadap empat persoalan yang tengah menghantui peradaban umat manusia dewasa ini, baik secara global maupun nasional.

 

Keempat persoalan tersebut adalah sebagai berikut. Pertama, revolusi ganda teknologi informasi dan bioteknologi telah memicu tirani dataisme dan kediktatoran digital. Kedua, selama empat dekade terakhir, demokrasi di berbagai negara, termasuk Indonesia, dihantui oleh kebangkitan populisme kanan dan politik identitas. Ketiga, peradaban manusia tengah dirusakkan oleh barbarisme perang dan terorisme yang melampaui batas-batas negara. Keempat, dalam dua dekade terakhir, kebenaran dan kemanusiaan mengalami disorientasi akibat produksi hoaks dan gelombang pascakebenaran.


Baca juga: Tingkatkan Akses Pendidikan Internasional, UNWIRA Gandeng Kedutaan Besar Polandia Adakan Kuliah Umum

 

Seminar internasional tersebut akan menghadirkan empat Keynote Speaker yang berasal dari dalam dan luar negeri, yakni Dr. Hab. Wojciech Lewandowski (The John Paul II Catholic University of Lubin, Polandia), Dr. Winibaldus Stefanus Mere (Nanzan University, Nagoya, Jepang), Francisco da Costa, Ms. Phil. (Superior Institute of Philosophy and Theology D. Jaime Garcia Goulart, Dili, Timor Leste), dan Dr. Watu Yohanes Vianey, M. Hum. (Fakultas Filsafat Unwira).

 

Selain keempat keynote speaker, seminar internasional tersebut juga menghadirkan 17 pemakalah dari luar negeri dan beberapa daerah di Indonesia. Persiapan seminar ini berlangsung selama dua bulan, sejak Oktober 2023, yang meliputi call for papers dan seleksi naskah.

 

Menjadi Forum Ilmiah-Akademis dan Berkontribusi bagi Pemecahan Persoalan Global

 

Kepada media ini, Dekan Fakultas Filsafat Unwira, Romo John Subani, Lic. Iur, Can., menyambut dengan gembira kegiatan seminar internasional. Menurutnya, seminar tersebut menyediakan forum bagi akademisi, ilmuwan, praktisi sosial, peneliti, dan spesialis untuk mempresentasikan hasil penelitian terbaik mereka.


Dekan Fakultas Filsafat Unwira. Foto: Dokumentasi Fakultas Filsafat Unwira.



Baca juga: Program Studi Arsitektur UNWIRA Selenggarakan Kuliah Umum 


Ia menambahkan, kegiatan besar tersebut berdaya guna dalam menumbuhkan semangat ilmiah-akademis, serta berkontribusi dalam memecahkan persoalan-persoalan global yang dialami masyarakat dunia dewasa ini.

 

Sementara itu, Ketua Panitia Seminar Internasional Fakultas Filsafat Unwira, Pater Petrus Tan, SVD., mengatakan bahwa tujuan utama dari pelaksanaan konferensi internasional tersebut adalah untuk membangkitkan diskursus intertekstualitas dan interdisipliner dalam upaya memahami masalah peradaban zaman ini. Menurutnya, seminar tersebut juga adalah bentuk kontekstualisasi filsafat.


Baca juga: Kuliah Umum Pendidikan Fisika: Inovasi Pembelajaran Fisika Terintegrasi HOTS dalam Merdeka Belajar

 

Untuk diketahui, seminar internasional tersebut akan berlangsung secara hibrid (via zoom meeting dan offline), serta melibatkan mahasiswa dan akademisi dari semua perguruan tinggi di Kupang, pemerintah, LSM, para pegiat sosial, peneliti, tokoh agama, dan tokoh masyarakat. Kegiatan tersebut akan berlangsung selama satu hari penuh, yakni pukul 08.30-20.00 Wita. (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments