Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

SMPK Pelita Jaya Webriamata Gelar Pembukaan P5 dengan Tema “Berbeda, Bersaudara, Cerdas, dan Berkarakter”

 

Kepala SMPK Pelita Jaya Webriamata (kiri) bersama para peserta didik.


Malaka, CAKRAWALANTT.COM - Sekolah Menengah Pertama Katolik (SMPK) Pelita Jaya Webriamata, Kabupaten Malaka, menggelar pembukaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Berbeda, Bersaudara, Cerdas, dan Berkarakter, Sabtu (21/10/2023), di halaman sekolah setempat.

 

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala SMPK Pelita Jaya Webriamata, Rm. Christian Kali, Pr., serta turut dihadiri oleh Pembina Yayasan Pendidikan Terang Kasih, Rm. Frederikus Oeleu, Pr., pengawas sekolah wilayah Kecamatan Wewiku, ketua komite, dan tokoh pendidikan.  

 

Dalam sambutannya, Rm. Christian mengungkapkan, P5 merupakan implementasi dari Kurikulum Merdeka yang bertujuan untuk memacu daya cipta dan kreasi guru dan peserta didik dalam pembelajaran.

 

Untuk itu, lanjut Rm. Christian, kegiatan tersebut hendaknya dimaknai dan dirayakan dengan sungguh demi menciptakan generasi yang cerdas, berkarakter, beriman, berkebhinekaan global, mampu bergotong royong, bernalar kritis, mandiri, dan kreatif.

 

Ia pun meminta para guru sebagai Tim Fasilitator P5 agar dapat membangun komunikasi demi terciptanya kolaborasi yang baik dengan peserta didik sehingga mampu menjalankan setiap projek yang sudah direncanakan bersama.

 

“Saya mengharapkan agar guru sebagai fasilitator P5 berjuang untuk memfasilitasi pelaksanaan setiap projek yang sudah direncanakan bersama peserta didik. Projek profil Pancasila harus dijalankan dengan menyenangkan dan menggembirakan. Sebab yang terpenting bagi kita adalah proses dan asesmen demi terbentuknya mental dan kepribadian anak-anak yang mantap,” ujar Pastor Rekan Paroki Webriamata tersebut.



Sementara itu, Wakil Kepala SMPK Pelita Jaya Webriamata, Wendelinus Faot, S.Pd., menyampaikan, P5 bertujuan untuk mendorong pelajar SMPK Pelita Jaya Webriamata menjadi pelajar Pancasila. Pelajar Pancasila, jelasnya, berarti pelajar yang bernafaskan sila-sila Pancasila.

 

Lebih lanjut, terang Wendelinus, fasilitator bersama peserta didik telah merencanakan 5 projek yang bernaung di bawah 3 tema, yakni Merawat Kearifan Lokal (menggali sejarah suku dan pantun bahasa Tetun), Bangunlah Jiwa dan Raganya (tutur teks Kitab Suci), serta Rekayasa dan Berteknologi (merangkai listrik statis dan etno-matematika).

 

Pantauan media, seremonial pembukaan kegiatan P5 tersebut berlangsung dengan meriah. Segenap civitas SMPK Pelita Jaya Webriamata pun menyambut dengan penuh antusias. Terdapat beberapa hiburan yang turut memeriahkan seremonial pembukaan tersebut, diantaranya tari kreasi profil pelajar Pancasila, dance, pantun, cerita dongeng, pidato, dan puisi. (Antonius Seran/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments