Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

SMA Negeri 1 Soe Gelar Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka

 

Dokumentasi kegiatan. 


TTS, CAKRAWALANTT.COM - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), menggelar kegiatan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) selama 3 hari, yakni Rabu-Jumat (11-13/10/2023). Kegiatan tersebut berguna untuk meningkatkan pemahaman para guru terkait IKM dan program sekolah sehat serta penerapan disiplin belajar di sekolah.

 

Workshop IKM tersebut dibuka secara resmi oleh Pengawas Madya SMA/SMK dan SLB Kabupaten TTS, Jakob A. Selan, S.Pd., serta didampingi oleh Kepala SMA Negeri 1 Soe, Rovis Selan, M.Pd.

 

Dalam arahan pembukanya, Jakob menuturkan, kegiatan tersebut bertujuan agar para guru bisa memperoleh informasi atau hal-hal baru terkait Kurikulum Merdeka.

 

“Para guru harus mengikuti kegiatan ini dengan baik, sebab ini adalah momen untuk saling berdiskusi, melengkapi, dan menyempurnakan diri,” ujarnya.

 

Selain itu, Jakob menambahkan, para guru harus mampu meningkatkan kompetensi dan profesionalismenya melalui program-program yang bermutu.

 

“Para guru bisa mengikuti program Guru Penggerak dan sebagainya. Kemudian, harus juga meningkatkan nilai kedisiplinan bila ingin melakukan perubahan,” tandasnya.



Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Soe, Rovis Selan, M.Pd., mengatakan, kegiatan workshop tersebut dilaksanakan atas kesepakatan bersama para guru. Pada kesempatan itu, sambungnya, ada beberapa materi yang akan dibahas dan didiskusikan.

 

Ia juga menekankan pentingnya program sekolah sehat dan pembahasan materi lainnya kepada peserta didik.

 

“Peserta didik perlu diperhatikan, baik kesehatan fisik, mental, dan pola makan. Mereka perlu diinformasikan agar dapat mengetahui dan menghindari makanan yang tidak bergizi dan bahkan mendatangkan penyakit yang berbahaya,” tegasnya.

 

Untuk diketahui, kegiatan workshop tersebut terdiri atas beberapa materi yang disampaikan, yakni Kebijakan Pemerintah tentang Pendidikan oleh Junus Taloim, S.Pd., MM., Program Sekolah Sehat oleh Rovis Selan, S.Pd., M.Pd., Disiplin Belajar oleh Jakob A. N. Selan, S.Pd., Platform Merdeka Belajar oleh Petrus Bakung, S.Pd., M.Pd., Modul Ajar, Modul P5 dan Pembelajaran Berdiferensiasi oleh Mezra Pelandou, S.Pd., M.Hum., dan Dra. Sandy Paliama, Budaya Positif dan Kerja Mandiri oleh Adrianus Amsika, serta Pengelolaan dan Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran oleh Dison Linome. (Albert Baunsele/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments