Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

SMA Katolik Giovanni Kupang Gelar Expo Pendidikan Tahun 2023

 

Pose bersama saat pembukaan Expo Pendidikan Tahun 2023 di SMA Katolik Giovanni Kupang.


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Sekolah Menengah Atas (SMA) Katolik Giovanni Kupang menggelar kegiatan Expo Pendidikan Tahun 2023 selama 2 hari, yakni Jumat-Sabtu (20-21/10/2023). Kegiatan tersebut mengusung tema Mewujudkan Generasi Z yang Kreatif, Inovatif, dan Produktif dengan Merdeka Memilih serta dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Linus Lusi, S.Pd., M.Pd., di halaman sekolah setempat.

 

Dalam sambutan pembukanya, Linus memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Expo Pendidikan Tahun 2023 tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat bermanfaat.

 

“Patut diberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini, sebab kegiatan ini sangat bermanfaat, terutama terkait pemilihan jurusan yang bisa menunjang karier nanti di dunia kerja,” ujarnya.


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Linus Lusi, S.Pd., M.Pd.

Sementara itu, Kepala SMA Katolik Giovanni Kupang, RD. Drs. Stefanus Mau, menjelaskan, tujuan utama kegiatan tersebut adalah mempersiapkan seluruh peserta didik, baik kelas X, XI, maupun XII, untuk sedini mungkin mencari tahu dan memperoleh informasi terkait perguruan tinggi yang akan dipilih.

 

“Melalui kegiatan ini, anak-anak dapat memperoleh informasi terkait perguruan tinggi impian yang akan dipilih secara lengkap, jelas, terbuka, dan akurat,” ungkapnya.

 

RD. Stefanus menambahkan, dengan memilih jurusan perkuliahan dan perguruan tinggi yang tepat, maka para peserta didik dapat mengembangkan potensi diri secara maksimal serta dapat berkontribusi bagi kemajuan pendidikan di NTT.



25 Perguruan Tinggi Berpartisipasi

 

Lebih lanjut, kepada media ini, Ketua Panitia Expo Pendidikan Tahun 2023, Fransiska Kabelen, menerangkan, terdapat 25 perguruan tinggi swasta dari wilayah Jawa, Bali, dan NTT yang hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

 

“Untuk expo kali ini, pesertanya lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu ada 25 peserta yang terdiri dari 20 universitas yang berasal dari pulau Jawa, 2 dari pulau Bali, dan 3 dari Kota Kupang,” jelas Fransiska.

 

Pada hari pertama, masing-masing perguruan tinggi yang berpartipasi melakukan presentasi pengenalan kampus bagi para peserta didik. Adapun materi presentasi yang disampaikan, diantaranya lokasi kampus, mutu pendidikan, program studi yang ditawarkan, penjabaran tentang keunggulan kampus, besaran biaya pendidikan, kesempatan peluang kerja, serta beasiswa yang bisa diperoleh.


Sedangkan, pada hari kedua, para peserta didik dan pengunjung melakukan kunjungan ke setiap stand perguruan tinggi untuk memperoleh gambaran yang lebih jelas dan mendetail terkait kampus yang akan dipilih.



Terbuka untuk Umum

 

Kegiatan Expo Pendidikan Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh SMA Katolik Giovanni Kupang tersebut tidak hanya terbatas pada kalangan internal sekolah, tetapi terbuka bagi umum, terutama bagi kalangan pencari informasi perguruan tinggi.

 

“Kita buka event ini untuk masyarakat umum, sehingga siapapun bisa datang dan memperoleh informasi secara gratis. Kita juga kedatangan tamu perwakilan dari sekolah mitra, yakni SMA Katolik St. John Paul II Maumere,” ungkap Fransiska.

 

Di sela-sela kegiatan, salah seorang peserta didik kelas XII IPS 5 SMA Katolik Giovanni Kupang, Richard Fahik, membagikan pengalamannya saat berkunjung ke setiap stand perguruan tinggi.

 

“Saya merasa puas bercampur bahagia. Saya bisa mengetahui banyak informasi terkait kampus-kampus yang keren dan bagus. Kegiatan ini sangat membantu kami dalam memperoleh informasi yang lengkap, jelas, dan akurat terkait kampus-kampus terbaik. Tentunya ini juga berguna bagi kami ke depannya,” terangnya.



Selain itu, salah satu orang tua peserta didik yang sempat hadir, Alex, turut mengapresiasi kegiatan Expo Pendidikan Tahun 2023 tersebut.

 

“Dengan adanya event ini, kita semakin tahu bahwa sebenarnya di luar sana banyak universitas yang bagus-bagus. Saya harap, kita sebagai orang tua bisa memilih kampus terbaik untuk anak-anak,” ungkap Alex.

 

Pantauan media, kegiatan Expo Pendidikan Tahun 2023 tersebut berlangsung dengan meriah. Para peserta didik, pengunjung, dan perwakilan perguruan tinggi sangat berantusias mengikuti setiap rangkaian acara. (Gusto Diaz/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments