Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Kadis Pendidikan Sikka Buka Kegiatan Workshop Lispena di SMP Negeri 1 Talibura

 

Pose bersama.


Sikka, CAKRAWALANTT.COM - Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (PKO) Kabupaten Sikka, Germanus Goleng, S.Sos., membuka secara resmi kegiatan Workshop Literasi dan Performing Arts (Lispena) di SMP Negeri 1 Talibura, Kamis (5/10/2023). Kegiatan yang melibatkan para peserta didik dan guru tersebut didukung oleh Yayasan Rumah Literasi Cakrawala serta dihadiri oleh Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi NTT, Herdiana, S.T., MBA.  

 

Dalam sambutannya, Germanus, selaku Kadis Pendidikan Sikka, menyampaikan apresiasi kepada pihak SMP Negeri 1 Talibura yang telah menyelenggarakan kegiatan workshop lispena bersama Yayasan Rumah Literasi Cakrawala.

 

Menurutnya, kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi pengembangan potensi diri setiap peserta didik melalui penguatan aspek literasi. Selain itu, tambah Germanus, para peserta didik juga dapat meningkatkan keterampilan di bidang seni pementasan.



“Kegiatan ini sangat positif. Saya sangat mengapresiasi langkah baik yang diambil oleh SMP Negeri 1 Talibura. Tentunya, kegiatan ini sangat penting bagi guru dan peserta didik sebab bisa berimbas pada pembelajaran dan peningkatan kualitas pendidikan. Saya juga menyampaikan terima kasih kepada Yayasan Rumah Literasi Cakrawala yang telah mendukung upaya peningkatan literasi,” ungkap Germanus.

 

Sementara itu, Kepala BPMP Provinsi NTT, Herdiana, S.T., MBA., sangat mendukung penyelenggaraan kegiatan workshop lispena tersebut. Ia menerangkan, literasi merupakan bagian penting dalam dunia pendidikan. Untuk itu, tegas Herdiana, setiap anak harus mampu menguasai minimal 6 literasi dasar.

 

“Ada enam macam literasi dasar yang dilaksanakan di sekolah. Literasi dasar, yakni membaca dan menulis, harus dikuasai dengan baik. Selain itu, adik-adik juga harus menguasai numerasi dan karakter. Jika literasi dasar bisa dikuasai dengan baik, maka tentu adik-adik bisa menjadi sukses, terutama saat menghadapi era globalisasi saat ini,” jelas Herdiana kepada para peserta didik SMP Negeri 1 Talibura.



Lebih lanjut, di sisi senada, Kepala SMP Negeri 1 Talibura, Siti Nuraini Ajib., S.Pd., mengatakan, pihaknya selalu melakukan terobosan untuk menggali dan mengeksplorasi potensi peserta didik, salah satunya melalui kegiatan workshop lispena tersebut. Baginya, kondisi keterbatasan bukan penghalang untuk melakukan hal-hal positif guna meningkatkan kualitas pendidikan.

 

“Kami harus berani keluar dari zona nyaman. Lebih baik bergerak daripada tidak sama sekali. Dengan begitu, keberhasilan bisa kami raih,” pungkasnya.

 

Untuk diketahui, kegiatan workshop lispena tersebut berlangsung selama 3 hari, yakni Kamis-Sabtu (5-7/10/2023), di aula sekolah setempat. Kegiatan tersebut diikuti oleh 75 orang peserta didik beserta guru dan didampingi oleh Tim Yayasan Rumah Literasi Cakrawala. (Mustakim/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments