Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Sukses Gelar Akreditasi, 3 Prodi di Unwira Kupang Raih Predikat “Baik Sekali”

 

Dokumentasi kegiatan.


Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Tiga Program Studi (Prodi) di Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang berhasil meraih akreditasi “Baik Sekali”. Ketiga prodi tersebut adalah Prodi Biologi, Prodi Ilmu Komputer, dan Prodi Akuntansi.

 

Ketua Prodi Biologi Unwira, Chatarina Gradict Semiun, S.Si., M.Si., mengatakan, pihaknya selalu memahami kriteria dan poin penilaian dari Lembaga Akreditasi Mandiri Sains Alam dan Ilmu Formal (Lamsama) terkait persiapan menghadapi akreditasi.

 

“Kami berkoordinasi di tingkat prodi untuk membentuk tim penyusunan borang dan secara khusus berkoordinasi dengan LPM Unwira untuk mengumpulkan data-data,” ujarnya.

 

Ia mengaku mendapat banyak dukungan, baik dari pihak internal kampus maupun eksternal, seperti mitra, alumni, dan pengguna lulusan (user). Selain itu, terangnya, kualitas kurikulum juga disusun dengan mengikuti perkembangan.


Baca juga: Tiga Program Studi di UNWIRA Raih Akreditasi “Baik Sekali” 


“Dari segi penelitian dan pengabdian dosen juga kami selalu melibatkan mahasiswa. Kami mengintegrasikan penelitian dan pengabdian ke dalam pembelajaran dan tertuang dalam RPS serta materi kuliah yang diberikan kepada mahasiswa,” jelasnya.

 

Chatarina juga menyampaikan bahwa Prodi Biologi sedang berupaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sarana dan prasarana di laboratorium, serta menggiatkan promosi untuk menambah daya tarik sebagai tindak lanjut dari hasil akreditasi.



Fokus pada Kerja Sama dan Sistem Pengelolaan Mutu Internal

 

Sementara itu, Ketua Prodi Ilmu Komputer Unwira, Sisilia Daeng Bakka Mau, S.Kom., MT., menyampaikan, pihaknya turut mempelajari poin penilaian unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika dan Komputer (Lam Infokom). Hal itu, ujarnya, bertujuan untuk mengupayakan peningkatan dan memperbaiki hal-hal yang masih kurang.


Baca juga: UNWIRA dan IAI Berkolaborasi dalam Pembangunan Gereja

 


“Prodi Ilmu Komputer saat ini sedang melakukan pembenahan yang komprehensif untuk meraih akreditasi yang lebih tinggi di masa depan. Prodi Ilmu Komputer juga sedang fokus pada peningkatan kerja sama internasional dan memperbaiki sistem pengelolaan mutu internal,” ungkapnya.



Meningkatkan Penelitian dan Pengabdian

 

Lebih lanjut, Ketua Prodi Akuntansi Unwira, Maria Odriana Veronika Moi, SE., M.Sc., menyoroti keterlibatan dan dukungan dari semua komponen yang ada di Unwira dan juga alumni serta pengguna lulusan dalam membantu Prodi Akuntansi untuk meraih predikat “Baik Sekali”.

 

“Keberhasilan ini karena adanya dukungan dari universitas dimulai dari pimpinan sampai unit-unit yang membantu kami dalam menyiapkan dokumen yang dibutuhkan. Kami juga diberikan fleksibilitas untuk mengejar beberapa ketertinggalan. Kami juga dibantu dengan adanya kerja sama dari dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni dan para pengguna lulusan,” ungkap Maria.






Maria menambahkan, Prodi Akuntansi berkomitmen untuk meningkatkan akreditasi dengan fokus pada beberapa poin, yaitu kualitas sumber daya manusia, meningkatkan kinerja dosen dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta mendorong mahasiswa dan dosen untuk meningkatkan sitasi hasil penelitian. Dengan demikian, harapnya, Prodi Akuntansi bisa mengejar syarat perlu dan meraih akreditasi unggul pada tahun 2028. (Ocha Saru/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments