Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Peserta Didik SMA Katolik St. Josef Freinademetz Tambolaka Ikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka

 

Dokumentasi kegiatan pramuka di SMA Katolik St. Josef Freinademetz Tambolaka.


Sumba Barat Daya, CAKRAWALANTT.COM - Menjelang Asesmen Sumatif Tengah Semester I, peserta didik SMA Katolik St. Josef Freinademetz Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya, mulai mempersiapkan diri dengan rutin mengikuti kegiatan-kegiatan di lingkup sekolah. Kegiatan-kegiatan tersebut tidak hanya mencakup intrakurikuler, tetapi juga ekstrakurikuler.

 

Di dalam kegiatan ekstrakurikuler, peserta didik didorong untuk membentuk karakter, berpikir kreatif, dan cerdas dalam melaksanakan setiap aktivitas. Salah satu aktivitas ekstrakurikuler yang digelar adalah Pramuka.  

 

Pembina Pramuka, Imam Rifa’i, kepada media ini, Sabtu (2/9/2023), mengatakan, pramuka merupakan kegiatan outdoor yang membiasakan peserta didik untuk lebih mengenal alam/lingkungan sekitarnya sekaligus menjadi wadah mengekspresikan diri.

 

Dalam kegiatan pramuka di SMAFREND, sebutan bagi SMA Katolik St. Josef Freinademetz Tambolaka, ungkap Imam, para peserta didik dibagi ke dalam sangga masing-masing serta diberikan tugas untuk menampilkan semaphore dan latihan Peraturan Baris-Berbaris (PBB) tongkat yang dimodifikasi dengan musik (semaphore dance/stick dance).



“Jarang sekali anak-anak kita memadukan pramuka dengan seni tari. Oleh karena itu, alangkah baiknya latihan-latihan dasar dalam pramuka bisa dipadukan dengan musik sebagai bentuk modifikasi dalam pramuka,” ujar Imam.

 

Tugas yang diberikan tersebut pada dasarnya berguna untuk memacu daya berpikir kreatif peserta didik. Kegiatan pramuka pun memiliki tempat atau porsi yang sama dalam penilaian sumatif tengah semester. Namun, penilaiannya berbeda dengan ekstrakurikuler lainnya, seperti teater, seni, tari, seni vokal, dan sebagainya, dimana penilaiannya bersifat assessment block yang akan terjadi di akhir semester. (Yeri Laki/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments