Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Bunda Literasi TTU Apresiasi Tour Literasi Menyambut HUT Ke-101 Kota Kefamenanu

 

Bunda Literasi TTU saat memberikan arahan kepada para peserta workshop penulisan esai ilmiah.


TTU, CAKRAWALANTT.COM - Bunda Literasi Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Elvira Juandi Ogom, memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tour literasi menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-101 Kota Kefamenanu.

 

Kegiatan tour literasi tersebut berupa workshop penulisan esai ilmiah bagi guru dan ragam tulisan kreatif bagi peserta didik jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) kerja sama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten TTU, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) jenjang SMP, dan Cakrawala NTT.

 

Dalam kunjungannya ke SMP Negeri 1 Biboki Selatan saat pelaksanaan workshop penulisan esai ilmiah bagi guru-guru SMP se-wilayah Biboki, Senin (11/9/2023), Elvira menyatakan dukungannya bagi upaya peningkatan aspek literasi di kalangan guru, salah satunya melalui kegiatan workshop tersebut.

 

“Saya memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Ini kegiatan yang luar biasa. Saya tentunya sangat mendukung, apalagi ini sangat bermanfaat sebagai upaya peningkatan aspek literasi di kalangan guru,” ujarnya.



Baginya, penguatan aspek literasi, terutama membaca dan menulis, adalah hal penting yang harus dilakukan, terutama di kalangan guru. Hal itu, tegas Elvira, berguna bagi peningkatan kompetensi dan profesionalisme guru.

 

“Membaca dan menulis itu merupakan satu kesatuan. Keduanya harus dikuasai dan pastinya harus didorong untuk menjadi kebiasaan. Di sini, guru berperan penting untuk menguatkan kemampuan membaca dan menulis di kalangan peserta didik, sehingga guru pun harus memberikan contoh atau teladan kepada peserta didik,” tegas Elvira.

 

Untuk mendukung terwujudnya pembiasaan penguatan aspek literasi menjadi sebuah budaya, Elvira pun mengajak semua pihak untuk saling mendukung dan berkolaborasi.

 

“Pekerjaan untuk menguatkan aspek literasi menjadi sebuah budaya tentunya tidak bisa dilakukan sendiri. Ketika aspek literasi baca-tulis sudah baik, maka kita bisa beranjak ke bentuk literasi dasar lainnya,” tandas Elvira.



Ia pun berharap agar para guru bisa mengikuti proses pendampingan menulis tersebut dengan baik serta harus mampu mencapai hasil yang memuaskan.

 

“Kegiatan workshop dalam bentuk tour literasi ini sangat baik. Bapak dan Ibu harus mengikutinya dengan baik dan harus bisa menghasilkan karya tulis yang diharapkan. Nantinya, hasil workshop ini bisa berimbas kepada peserta didik dalam konteks penguatan aspek literasi,” ungkap Elvira.


Untuk diketahui, kegiatan tour literasi tersebut berlangsung di 3 titik yang berbeda, yakni SMP Negeri 1 Biboki Selatan (MKKS wilayah Biboki), SMP Negeri Nunbai (MKKS Insana), dan SMP Negeri Wini (MKKS wilayah perbatasan, Wini).

 

Pantauan media, seusai memberikan arahan dan tanggapan terkait kegiatan tour literasi tersebut, Elvira melakukan penanaman pohon literasi di SMP Negeri 1 Biboki Selatan didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten TTU, para Kepala Sekolah jenjang SMP dalam wilayah MKKS Biboki, Direktur Cakrawala NTT, dan para peserta workshop yang terlibat. (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments