Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Adrianus F. Parera Resmi Jadi Pj. Bupati Sikka, Pj. Gubernur NTT Tekankan Penyelesaian Stunting, Kemiskinan, dan Program Prioritas

 

Dokumentasi kegiatan.


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Adrianus Firminus Parera, SE., M.Si., resmi dilantik sebagai Penjabat (Pj) Bupati Sikka oleh Pj. Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Ayodhia G. L. Kalake., SH., MDC., atas nama Presiden Republik Indonesia (RI), Rabu (20/9/2023), di Aula El Tari Kupang.

 

Acara pelantikan Pj. Bupati Sikka tersebut diawali dengan pembacaan Keputusan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 100.2.1.3-3744 Tahun 2023  tentang Pengangkatan Penjabat Bupati Sikka Provinsi NTT yang dilakukan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi NTT, Stefabus Surat, ST., MT.

 

Usai pembacaan surat keputusan, dilanjutkan dengan Pengucapan Janji Jabatan yang dipandu langsung oleh Pj. Gubernur NTT dan diikuti dengan pengukuhan oleh Rohaniwan, Romo Dus Bone. Setelah itu, dilakukan penandatanganan Berita Acara Janji Jabatan dan Pakta Integritas oleh Pj. Bupati Sikka dan Pj. Gubernur NTT secara berturut-turut, serta penyematan tanda pangkat jabatan.

 

Setelah itu, dilakukan Penyerahan Memori Jabatan dari Bupati Sikka periode 2018-2023, Fransiskus Roberto Diogo, S.Sos., M.Si., kepada Pj. Bupati Sikka yang baru dilantik.



Apresiasi dan Selamat

 

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur NTT, Ayodhia G. L. Kalake, menyampaikan selamat dan apresiasi kepada Pj. Bupati Sikka yang baru dilantik.  

 

“Saya, atas nama pemerintah dan masyarakat Provinsi NTT, mengucapkan profisiat dan selamat kepada Bapak Adrianus Firminus Parera yang telah ditetapkan sebagai Penjabat Bupati Sikka. Sebagai orang yang sudah lama berkecimpung dalam tata kelola pemerintahan dan pembangunan di lingkup Pemerintah Kabupaten Sikka, saya yakin Saudara mampu melihat peluang, tantangan, dan memberikan solusi untuk pembangunan di Kabupaten Sikka selama setahun ke depan,” ujarnya.

 

Ayodhia pun turut memberikan apresiasi kepada Bupati dan Wakil Bupati Sikka periode 2018-2023 yang telah bekerja secara maksimal untuk membangun Kabupaten Sikka.

 

“Terima kasih kepada Bapak Robertus Diogo dan Bapak Romanus Woga atas seluruh dedikasi dan kinerja selama masa kepemimpinan Bapak berdua,” sambungnya.



Titip Pesan dan Harapan

 

Ayodhia juga menitipkan pesan dan harapan kepada Pj. Bupati Sikka terkait persiapan menyambut Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, pengendalian inflasi, penanganan stunting, upaya penurunan angka kemiskinan dan stunting, serta penyelesaian program yang menjadi prioritas.

 

“Kita juga sedang mengalami fenomena alam El Nino yang berdampak pada menurunnya produktivitas pertanian dan perkebunan. Beberapa komoditi pertanian seperti beras sedang mengalami kenaikan harga yang dapat mendorong peningkatan inflasi. Lakukan pemantauan harga barang kebutuhan pokok di pusat-pusat perdagangan dan pasar-pasar tradisional. Bangun koordinasi yang intensif dengan instansi terkait, seperti Bulog dan Badan Pangan Nasional, untuk melakukan operasi pasar jika diperlukan,” tambah Ayodhia.

 

Ia juga meminta kepada Pj. Bupati Sikka untuk segera melakukan konsolidasi tim kerja, koordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan terkait, dan mengambil langkah-langkah strategis untuk menurunkan jumlah stunting selama setahun ke depan.

 

“Pendataan balita stunting harus dilaksanakan secara cermat by name, by adress sehingga dapat dilakukan penanganan secara cepat. Terkait penurunan kemiskinan dan kemiskinan ekstrem, Saudara dapat menyusun program-program strategis selama setahun ke depan untuk mendorong penurunan jumlah angka kemiskinan dan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Sikka,” tegas Ayodhia.

 

Lebih lanjut, Ayodhia turut menekankan pengimplementasian program yang menjadi prioritas. Menurutnya, selama setahun ke depan, Pj. Bupati Sikka harus memperhatikan beberapa program yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Hal itu, pungkasnya, bisa terwujud dengan kesolidan dan kedisiplinan tim kerja di lingkup pemerintahan setempat.



Untuk diketahui, setelah acara pelantikan Pj. Bupati Sikka, dilanjutkan dengan seremonial pelantikan Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sikka, Ny. Laly Wuda Paubun, oleh Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi NTT, Ny. Sofiana Milawati Kalake. (Biro AP Setda Prov. NTT/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments