Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Undana Kembali Lahirkan 2 Guru Besar, Gubernur NTT Beri Apresiasi

 

(Dokumentasi pengukuhan Guru Besar ke-49 dan 50 Undana)


Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Universitas Nusa Cendana (Undana) kembali melahirkan 2 Guru Besar di bidang ilmu Kimia. Kedua Guru Besar itu adalah Prof. Dr. Yantus Aristarkus B Neolaka, S.Pd., M.Si. (Bidang Ilmu Kimia Analitik-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) dan Prof. Dr. I Gusti Made Ngurah Budiana, S.Si., M.Si. (Bidang Ilmu Teknik Kimia Organik-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan).  

 

Keduanya dikukuhkan secara resmi menjadi Guru Besar ke-49 dan 50 Undana pada 3 Agustus 2023 di Auditorium Kampus Undana. Pengukuhan tersebut turut dihadiri oleh Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat, dan Rektor Undana, Prof. Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc.   

 

Dalam sambutannya, Viktor menyampaikan apresiasi kepada kedua Guru Besar Undana yang baru dikukuhkan tersebut. Baginya, Undana secara konsisten terus mendukung perkembangan ilmu pengetahuan serta melahirkan sumber daya manusia yang berkompeten dan berdaya saing.



“Kita apresiasi dan terima kasih kepada Undana yang kembali melahirkan dua Guru Besar. Ini adalah kebanggaan kita semua. Undana terus menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dalam bidang keilmuan yang tentunya berdampak bagi kemajuan daerah dan perkembangan peradaban saat ini dan di masa mendatang,” ungkapnya.

 

Viktor pun meminta Undana untuk terus melakukan riset ilmiah terapan. Riset-riset yang dibuat, ujarnya, harus mampu mengeksplorasi potesni alam yang terdapat di Provinsi NTT sehingga bermanfaat bagi peningkatan ekonomi dan mendatangkan kekayaan baru. Hal itu, sambung Viktor, harus didukung dengan inovasi dan kreativitas.  

 

Ia pun secara khusus menyampaikan terima kasih kepada kedua Guru Besar atas kontribusinya di bidang masing-masing.



“Terima kasih kepada Prof. Dr. Yantus Aristarkus B. Neolaka, S.Pd., M.Si. dengan Bidang Ilmu Kimia Analitik yang melakukan riset terkait pemanfaatan zeolit untuk bahan pengantar obat penanganan sel kanker. Juga kepada Prof. Dr. I Gusti Made Ngurah Budiana, S.Si., M.Si. dengan Bidang Ilmu Teknik Kimia Organik yang melakukan riset terkait pemanfaatan tanaman faloak binahong dan balakacida guna menghasilkan produk tabir surya untuk pencegahan kanker kulit,” ucap Viktor.

 

Sementara itu, Rektor Undana, Prof. Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc., juga menitipkan pesan kepada kedua Guru Besar tersebut untuk terus berinovasi dan melakukan riset penelitian agar terus berkontribusi bagi pembangunan.



Pada kesempatan tersebut, Prof. Dr. Yantus Aristarkus B. Neolaka, S.Pd., M.Si. memaparkan orasi ilmiahnya berjudul Melangkah Maju: Inovasi Material Cerdas Berbasis Polimer Tercetak Ion dan Zeolit Alam serta Aplikasinya Pada Ekstraksi Fasa Padat dan Bahan Pengantar Obat. Sedangkan, Prof. Dr. I Gusti Made Ngurah Budiana, S.Si., M. Si. memaparkan orasi ilmiahnya berjudul Tabir Surya: Organik Sintetik dan Bahan Alam sebagai Pencegah Kanker Kulit. (Biro AP Setda Prov. NTT/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments