Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Kadis Pendidikan TTU Tekankan Pentingnya Kemampuan Manajerial Sekolah

 

(Kadis Pendidikan Kabupaten TTU saat pembukaan bimtek)


TTU, CAKRAWALANTT.COM - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Beato Yosef Frent Omenu, hadir dalam pembukaan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar (IKM) Jenjang SMP/MTs Se-Wilayah Miomaffo Timur, Rabu (9/8/2023).

 

Pada kesempatan tersebut, Frent menuturkan bahwa setiap anak berhak mendapatkan pendidikan yang layak, kemerdekaan belajar, dan berhak atas kemudahan akses belajar sesuai UUD 1945. Hal itu, sambungnya, membutuhkan kerja sama antara pimpinan dan perangkat sekolah guna menjawabi kebutuhan setiap peserta didik.

 

Ia pun menegaskan bahwa bimtek yang digelar tersebut menjadi solusi peningkatan kemampuan manajerial sekolah untuk memenuhi tuntutan pendidikan. Menurutnya, kemerdekaan belajar para peserta didik juga harus didukung oleh manajemen yang baik dalam lingkup sekolah.



“Kegiatan ini adalah solusi untuk meningkatkan kemampuan manajerial sekolah. Kepala sekolah dalam hal ini memegang peranan yang sangat penting,” tandasnya. 


Frent mengajak para kepala sekolah untuk memberikan perhatian yang lebih terhadap keberlangsungan proses pendidikan di sekolah, terutama dalam pembelajaran. Kepala sekolah, ujarnya, harus mampu berinovasi serta memiliki visi dan semangat optimisme yang tinggi.

 

“Kepala sekolah memiliki tanggung jawab besar atas roda pendidikan. Inovasi adalah kunci dan impian adalah penggeraknya. Pemimpin itu harus menyatukan visi meninggikan rasa optimisme dalam menebar manfaat untuk kemajuan pendidikan. Untuk itu, diperlukan juga sikap disiplin dan niat yang tulus,” ungkap Frent.  




Untuk diketahui, kegiatan bimtek yang dihadiri oleh Kadis Pendidikan TTU tersebut juga mencakup Modul Ajar dan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) Kurikulum Merdeka serta dihadiri oleh para kepala sekolah dan ratusan guru dari 12 SMP di Wilayah Miomaffo Timur. (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments