Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Tim BAN-S NTT Gelar Visitasi di SMA Negeri 1 Soe

 

(Dokumentasi visitasi Tim BAN Sekolah Provinsi NTT di SMA Negeri 1 Soe)


TTS, CAKRAWALANTT.COM - Badan Akreditasi Nasional Sekolah (BAN-S) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar visitasi ke SMA Negeri 1 Soe, Timor Tengah Selatan (TTS), guna melihat secara langsung item-item yang telah di-upload oleh pihak sekolah pada 28-29 Juli 2023.

 

Asesor BAN-S NTT, Drs. Noh Kana, M.Si., menuturkan proses akreditasi saat ini mengharuskan pihak sekolah untuk meng-upload 58 item yang akan dilihat dan diverifikasi. Berkas-berkas tersebut, ujarnya, akan dinilai kelayakannya sebelum dilakukan visitasi.

 

Proses akreditasi, ungkap Noh Kana, sangat penting bagi sekolah, guru, tenaga kependidikan, dan terkhususnya para peserta didik.

 

“Akreditasi sekolah dianggap penting karena berdampak kepada para peserta didik. Jika akreditasi sangat baik, maka tentu anak-anak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk itu, ada empat komponen yang perlu dilihat, yakni mutu lulusan, manajamen sekolah, proses pembelajaran, dan mutu guru,” tandasnya.



Ia menambahkan timnya akan melakukan pengamatan dan wawancara bersama para guru, komite sekolah, kepala sekolah, dan para peserta didik, sekaligus mengamati proses pembelajaran di kelas.

 

“Ada angket yang harus diisi oleh peserta didik agar nantinya Tim Akreditasi meng-upload sesuai dengan hasil riilnya di sekolah ke dalam sistem berdasarkan permintaan Badan Akreditasi Nasional di Jakarta,” terangnya.

 

Sedangkan, Asesor lainnya, Arifin, menegaskan bahwa visitasi tersebut merupakan upaya monitoring terhadap apa yang telah di-upload oleh pihak sekolah.



Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Soe, Rovis Selan, S.Pd., M.Pd., menyampaikan apresiasi atas visitasi yang dilakukan oleh Tim BAN-S Provinsi NTT tersebut.

 

“Terima kasih atas visitasi selama dua hari ini. Kami berharap agar dapat meraih predikat yang sangat memuaskan sebagai bentuk motivasi bagi warga sekolah maupun masyarakat,” pungkas Rovis. (Albert Baunsele/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments