Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Peserta KKNT-PPM Unwira Semester Genap Tahun 2023 Resmi Dilepas, Ini Pesan Rektor Unwira

 

(Suasana seremonial pelepasan Peserta KKNT-PPM Unwira Semester Genap Tahun 2023 di Aula St. Immaculata, Kampus Penfui)


Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Rektor Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang, Pater Dr. Philipus Tule, SVD., melepas secara resmi para Peserta Kuliah Kerja Nyata Tematik - Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKNT - PPM) Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023, Selasa (18/7/2023), di Aula St. Maria Immaculata, Kampus Penfui. Kegiatan KKNT - PPM tersebut mengusung tema “Penguatan SDM & Ekonomi NTT Dalam Menghadapi Inflasi”.   


Baca juga: Mahasiswa/i UNWIRA Ikut Pembekalan KKNT-PPM 


Dalam arahannya, Pater Philipus memberikan apresiasi kepada masing-masing Program Studi (Prodi) yang telah mendukung dan menyiapkan para mahasiswa sehingga bisa berpartisipasi dalam kegiatan KKNT - PPM tersebut. KKNT - PPM, jelasnya, merupakan salah satu mata kuliah yang dilaksanakan di luar lingkungan kampus. Proses pembelajaran yang terjadi, sambung Pater Philipus, akan bersentuhan langsung dengan masyarakat.

 

“KKNT - PPM ini merupakan proses perkuliahan di luar kampus. Kalian akan dikirim ke tengah masyarakat dan bersentuhan langsung dengan mereka. Kalian akan belajar langsung di tengah masyarakat,” ujar Pater Philipus kepada ratusan mahasiswa yang hadir.



Program KKNT - PPM, terang Pater Philius, selaras dengan Program Kampus Merdeka - Merdeka Belajar, dimana para mahasiswa akan terlibat langsung di tengah kehidupan masyarakat dan membuat sebuah perubahan yang memberdayakan. Dengan itu, tambahnya, pencapaian Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas di dalam maupun luar kampus bisa terwujud.

 

“Ini selaras dengan Program Kampus Merdeka - Merdeka Belajar. Kalian akan memberdayakan masyarakat dengan terobosan dan perubahan. Dengan ini, kita berusaha mencapai SDM dan lulusan yang berkualitas di dalam maupun luar kampus,” ungkap Pater Philipus.


Baca juga: Tingkatkan Kualitas Penyelenggaraan Tri Darma Perguruan Tinggi, UNWIRA Kerja Sama dengan STIE Oemathonis

 

Untuk mendukung seluruh rangkaian kegaiatan KKNT - PPM, Pater Philipus berharap agar para mahasiswa bisa saling menjaga komunikasi, wajib menerapkan disiplin, bekerja sama dalam mendukung pelaksanaan masing-masing program, serta selalu menjaga marwah dan nama baik lembaga.

 

“Kalian akan belajar lintas prodi sehingga perlunya komunikasi dan kerja sama. Kalian harus bersikap baik sebab datang dengan keyakinan bahwa ada sesuatu yang dipelajari, terlebih bagaimana menyikapi dan mengatasi persoalan seperti kemiskinan, stuntingi, dan sebagainya,” kata Pater Philipus.



“KKNT - PPM ini harus menjadi suatu misi untuk memberikan perubahan sekaligus membawa marwah Unwira dan memperkenalkannya kepada masyarakat. Untuk itu, kalian wajib bekerja sama satu sama lain dengan keunikannya masing-masing serta selalu intens berkomunikasi dengan Dosen Pendamping. Bawalah misi dan tampilah di tengah masyarakat untuk belajar serta tetap disiplin,” pungkasnya.


Baca juga: Peduli Stunting, UNWIRA Kerja Sama dengan BKKBN Provinsi NTT


Untuk diketahui, sebelum seremonial pelepasan, para peserta yang terdiri dari mahasiswa lintas Program Studi (Prodi) tersebut mengikuti pembekalan dan arahan bersama beberapa Narasumber, yakni Wakil Rektor I Unwira, Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Unwira, Kepala Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi NTT, dan para Dosen. Para mahasiswa akan dikirim ke beberapa titik di daerah Flores-Lembata dan Timor didampingi Dosen Pendamping Lapangan. (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments