Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

IKAL NTT Diminta Perkuat Rasa Kebangsaan Pada Generasi Muda

 

(Jajaran Pengurus IKAL Provinsi NTT bersama Wakil Gubernur NTT)


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Wakil Gubernur (Wagub) Nusa Tenggara Timur (NTT), Josep Nae Soi, menerima kunjungan Pengurus Ikatan Alumni Lemhannas (IKAL) Provinsi NTT di ruang kerjanya, Selasa (18/7/2023). Dalam kesempatan tersebut, Josef meminta semua Anggota IKAL NTT untuk memperkuat rasa kebangsaan pada generasi muda.

 

“IKAL punya kewajiban untuk mempopulerkan keharmonisan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, serta memperkuat dan mempertebal rasa kebangsaan, terutama kepada generasi muda. Banyak anak-anak muda kita yang sudah terpapar paham radikalisme dan ekstrimisme,” ujar Josef.

 

Josef, yang juga merupakan Alumnus Lemhannas Tahun 1988, mengatakan apa yang didapat selama kursus dan pendidikan di Lemhannas bukan sekadar ilmu, tapi lebih kepada seni bagaimana mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

 

Lebih lanjut, terang Josef, dalam menyampaikan wawasan kebangsaan kepada generasi muda, perlu dilakukan secara kreatif dan sesuai dengan kondisi mereka. Untuk itu, harap Josef, perlu ditemukan modul pengajaran yang tepat dalam menyampaikan dasar-dasar pemikiran filosofis tentang kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

“Pancasila itu ideologi yang lengkap dengan input, proses, output, dan outcome yang jelas. Input-nya adalah Sila Pertama dan Kedua, prosesnya terdapat pada Sila Ketiga dan Keempat, output-nya pada Sila Kelima, dan outcome-nya adalah kesejahteraan. Tentu pemikiran-pemikiran filosofis seperti ini harus dijelaskan dalam perspektif internasional, nasional, dan lokal dengan cara-cara yang mudah mereka pahami. Lebih banyak berada, mendengarkan, melakukan simulasi, dan membangun diskusi bersama mereka supaya mereka bangga jadi warga negara Indonesia,” ungkap Josef.



Sementara itu, Ketua IKAL NTT, Romo Rofinus Neto Wuli, pada kesempatan tersebut, menyampaikan susunan Pengurus IKAL NTT yang telah dilantik pada Juni 2021.

 

Selain itu, beliau juga menyampaikan arahan dari Gubernur Lemhannas dan IKAL Pusat kepada seluruh Jajaran IKAL Daerah agar terlibat sebagaiPemateri “Pengenalan dan Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan” bagi Anggota Pasukan Pengibaran Bendera (Paskibraka) di NTT.

 

“Kita sudah menyampaikan hal ini kepada Kepala Badan Kesbangpol NTT dan kita berikan kesempatan untuk menjadi Pemateri dan Narasumber dari tanggal 1-4 Agustus. Kita tentu akan memerhatikan arahan Pak Wagub terkait metode penyampaian materi agar mereka lebih memahami wawasan kebangsaan. Kita akan kombinasikan pelatihan, simulasi sampai ke kegiatan outbond-nya,” pungkas Romo Rofinus.

 

Dalam kesempatan tersebut, Ketua IKAL NTT turut menyerahkan SK Pelantikan dan Kepengurusan IKAL NTT Periode 2021-2026 kepada Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi NTT.



Tampak hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Kesbangpol Provinsi NTT, Yohanes Oktavianus, Wakil Ketua 1 IKAL NTT, Thomas Ola Langodai, Kepala Bidang Informasi dan Publikasi IKAL NTT, Pius Rengka, Kepala Bidang Advokasi, Pendidikan dan Pengkajian IKAL NTT, Lilis Ika Herpianto Sutikno, serta Anggota Bidang Pengabdian Masyarakat dan Kekeluargaan IKAL NTT, Deni Salean dan Alberto Tatibun. (Biro AP Setda Prov. NTT/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments