Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Program Studi Pendidikan Fisika dan Pendidikan Matematika Unwira Raih Akreditasi Baik Sekali

 

(Foto: unwira.ac.id)


Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Program Studi (Prodi) Pendidikan Fisika dan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Katolik Widya Mandira (UNWIRA) Kupang dinyatakan terakreditasi “Baik Sekali” oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) dengan nomor SK: 551/SK/LAMDIK/Ak/S/VI/2023 untuk Prodi Pendidikan Fisika dan nomor SK: 548/SK/LAMDIK/Ak/S/VI/2023 untuk Prodi Pendidikan Matematika, Rabu (07/06/2023).


Baca juga: Transformasi Pembangunan Pasca-Bencana: GMIT, UNWIRA,dan IAI NTT Resmikan dan Serahkan Pastori Contoh Tahan Bencana di Sabu Raijua  


Dilansir dari LAMDIK, akreditasi tersebut berlaku selama 5 (lima) tahun, dimulai dari tahun 2023 dan berakhir di tahun 2028.

 

Egidius Dewa, S.Pd., M.Si., selaku Ketua Prodi Pendidikan Fisika, mengatakan bahwa dalam persiapan akreditasi, Prodi Pendidikan Fisika berkoordinasi dengan pihak internal maupun eksternal Universitas.



 

“Selama persiapan untuk akreditasi, kami berkoordinasi dengan semua unit dan biro yang ada di Unwira, dan juga membangun kerja sama dan kolaborasi dengan alumni, pengguna lulusan dan mitra,” tuturnya.

 

Menurut Egidius, ada beberapa peningkatan yang dialami oleh Prodi Pendidikan Fisika dari akreditasi sebelumnya, di antaranya: 1) Disusunnya visi, misi, dan strategi Prodi sesuai dengan pedoman Universitas dan Lamdik; 2) Adanya kerja sama dengan lembaga non kependidikan; 3) Adanya kerja sama dengan Prodi Pendidikan Fisika di luar Unwira untuk penerapan kurikulum Merdeka Belajar; 4) Memaksimalkan Sumber Daya Manusia (SDM); 5) Terlaksananya program-program berdasarkan Rancangan Kerja Anggaran (RKA) yang telah disusun; 6) Peningkatan publikasi dosen dan mahasiswa/i; 7) Peningkatan prestasi mahasiswa/i di bidang akademik; dan 8)  Terjalinnya komunikasi timbal balik dengan Ikatan Alumni Prodi Pendidikan Fisika Unwira (Ikafira).


Baca juga: Bahas Hubungan Kearifan Lokal dengan Pemilu, Fakultas Hukum UNWIRA Selenggarakan Seminar Nasional  


Egidius menegaskan bahwa Prodi Pendidikan Fisika akan terus berupaya meningkatkan Akreditasi Prodi dengan mempelajari rekomendasi dan catatan-catatan selama proses akreditasi tahun 2023.

 

“Kami yakin dan percaya dengan fasilitas dan dukungan dari setiap pihak yang ada di Universitas, kami mampu mencapai akreditasi unggul pada lima tahun mendatang,” ungkapnya.

 

Sementara itu, Wilfridus Beda Nuba Dosinaeng, S.Pd., M.Pd., selaku Ketua Program Studi Pendidikan Matematika menjelaskan bahwa persiapan akreditasi Prodi Matematika dimulai dari tahun 2019.



“Setelah akreditasi yang terakhir, kami mulai melihat kekurangan kami dan mencoba berbenah sedikit demi sedikit,” kata Wilfridus.


Baca juga: Bahas Hubungan Kearifan Lokal dengan Pemilu, Fakultas Hukum UNWIRA Selenggarakan Seminar Nasional


Lebih lanjut, Wilfridus menjelaskan bahwa Prodi Pendidikan Matematika berupaya untuk meningkatkan publikasi dosen dan mahasiswa/i, meningkatkan kerja sama dalam penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi, serta mendorong dan membina mahasiswa/i dalam pengembangan minat dan bakat.

 

Ia menambahkan bahwa poin penting lainnya dalam proses akreditasi adalah membangun ikatan dengan alumni.

 

“Ikatan alumni Prodi Matematika Unwira memiliki sumbangsih yang baik kepada Prodi seperti menjadi perantara dalam kerja sama yang dijalin Prodi, dan memberikan masukan dalam penyusunan visi dan misi Prodi,” ujarnya.



Baca juga: Diskusi tentang Politik Identitas, UNWIRA Hadirkan Dr. Boni Hargens, Dr.Budhy Munawar-Rachman, dan Dr. Norbertus Jegalus 



Dalam persiapan menuju akreditasi berikutnya di tahun 2028, Wilfridus mengatakan bahwa Prodi Pendidikan Matematika telah berupaya untuk memaksimalkan sumber daya yang ada dan meningkatkan kerja sama di bidang Tridarma.

 

“Target kita, semoga di akreditasi berikutnya, Prodi Pendidikan Matematika sudah unggul,” pungkasnya. (Ocha Saru/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments