Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Peserta Didik SMA Negeri 1 Soe Gelar Praktik P5 Terkait Kearifan Lokal

 

(Peserta didik SMA Negeri 1 Soe sedang melakukan Praktik P5 terkait pengolahan jahe)


TTS, CAKRAWALANTT.COM - Peserta didik SMA Negeri 1 Soe, terkhususnya kelas X, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), menggelar kegiatan Praktik Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan mengusung tema “Kearifan Lokal” dan sub tema “Pengolahan Jahe Lokal Menjadi Berbagai Jahe Instan” pada 22-27 Mei 2023.  


Baca juga: Kilas Catatan Talenta Generasi Muda NTT  


Kepada media ini, Selasa (23/5/2023), Ketua Pelaksana Praktik P5 SMA Negeri 1 Soe, Okto Leosae, S.Pd., menuturkan kegiatan tersebut merupakan momen kedua setelah pelaksanaan Praktik P5 terkait “Pemanasan Global”. Praktik P5 terkait “Kearifan Lokal” tersebut, ujarnya, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran peserta didik  untuk berinovasi dalam menggunakan hasil pertanian lokal sebagai salah satu kewirausahaan, sekaligus meningkatkan kualitas produk lokal.



“Ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk lokal. Kegiatan ini juga sebagai bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka yang dapat melatih peserta didik bergotong royong, bernalar kritis, dan kreatif dalam menciptakan kerja sama tim guna mencapai tujuan kerja yang baik dan bermanfaat bagi diri sendiri dan kelompok. Bahan dalam praktik tersebut disiapkan oleh pihak sekolah melalui Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), sedangkan alat-alat masak disiapkan peserta didik dari rumah,” tambahnya.


Baca juga: Serahkan Bantuan Pendidikan Bagi SMA/SMK Se-Kabupaten Ende, Gubernur NTT Sampaikan Beberapa Hal 


Sementara itu, Wakil Kepala SMA Negeri 1 Soe Bidang Kurikulum, Adrianus Amsikan, S.Pd., dalam sambutan ketika membuka kegiatan, mengatakan sosialisasi tersebut juga sangat penting dilakukan guna menambah wawasan dan pengetahuan para guru agar dapat membimbing dan mengarah peserta didik dalam berkreasi dan berinovasi sehingga dapat menghasilkan produk yang baik dan bermanfaat untuk berwirausaha.



Sedangkan, salah satu Fasilitator P5, Elyas, menyampaikan apresiasi atas keterlibatan dan semangat gotong royong peserta didik yang sangat tinggi dalam kegiatan tersebut.

 

Hal tersebut senada dengan salah satu peserta Praktik P5, Taroci, yang mengatakan para peserta tampak serius dan mengikuti proses dengan baik. Hasil kerja mereka, ujarnya, akan dipamerkan pada Sabtu (27/5/2023). (Albert Baunsele/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments