Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

PERINGATI HARDIKNAS, SDN LEOMANU GELAR KEGIATAN EDUKASI DAN PERLOMBAAN

 

(Para Siswa SDN Leomanu saat mengikuti kegiatan edukasi dan perlombaan memperingati Hardiknas)


Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023, Sekolah Dasar Negeri (SDN) Leomanu, Nunuanah, Kecamatan Amfoang Timur, Kabupaten Kupang, menggelar kegiatan edukasi dan perlombaan, Kamis (4/5/2023). Kepada media ini, Aldi Reihan, selaku Ketua Pelaksana Kegiatan, mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk menyemarakkan Merdeka Belajar di Perbatasan.

 

“Guru merupakan garda terdepan untuk membentuk masa depan bangsa dalam dunia pendidikan. Untuk itu, pentingnya menciptakan pembelajaran yang happy dan sesuai dengan minat dan bakat Siswa. Melalui kegiatan Hardiknas ini, diharapkan dapat menjadi wadah bagi Siswa untuk mengekspresikan minat dan bakatnya agar ini dapat selaras dengan kebermanfaatan Merdeka Belajar yang mengajak Guru untuk memiliki kompetensi dan menginspirasi Siswa agar lebih kreatif serta inovatif,” ungkap Guru Muda Pijar CT Arsa Foundation tersebut.


Baca juga: Peringati Hardiknas 2023, Mendikbudristek Sampaikan Beberapa Hal Dalam Pidatonya  


Aldi menambahkan kegiatan yang dilaksanakan berupa edukasi menggunakan media belajar dan berbagai macam perlombaan, diantaranya membuat media belajar, mewarnai, menulis puisi, menyanyi lagu, dan lain sebagainya. Selain itu, sambungnya, dalam meningkatkan motivasi Siswa untuk lebih giat belajar, juga dibagikan ATK berupa buku, pulpen, dan lain-lain kepada seluruh Siswa.



“Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan semangat dalam belajar dan meraih cita-citanya di masa depan,” tutup Aldi.

 

Sementara itu, Kepala SDN Leomanu, Arni Chus Loit, mengatakan makna Hardiknas adalah untuk mengingat kembali warisan bangsa dan negara oleh para leluhur, terutama Ki Hajar Dewantara sebagai Bapak Pendidikan Nasional, untuk dilestarikan demi kemajuan bangsa dan negara.


Baca juga: Peserta Didik SMPS Putri St. Xaverius Kefamenanu Bertemu Wabup TTU

    

Ia juga menandaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan yang pertama kalinya di SDN Leomanu pada momentum Hardiknas.



“Selama ini, SDN Leomanu belum pernah melaksanakan kegiatan berupa perlombaan memperingati Hardiknas. Terima kasih kepada Guru Muda Pijar dan Pesat yang telah melaksanakan kegiatan perlombaan memperingati Hardiknas di SDN Leomanu, walaupun sederhana tetapi penuh makna,” ujar Arni.

 

“Harapan saya untuk ke depan, semoga kegiatan yang sudah digagas oleh teman-teman Guru Pijar dan Pesat tetap berlanjut dan lebih meriah lagi,” tutup Arni.


Baca juga: Menuju Era Pendidikan Berbasis Digital  


Di sisi senada, salah satu Guru SDN Leomanu, Renince J. Doy, menyambut baik kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut dikemas secara sederhana dan menyenangkan, sehingga Anak-anak bisa merasakan arti pentingnya pendidikan, dapat mengembangkan bakat, serta berbagai kepada sesama.



“Semua akan bermakna jika landasannya adalah ketulusan. Terus semangat untuk para guru yang mendampingi Siswa-siswa SDN Leomanu. Inilah pengabdian yang sesungguhnya,” pungkas Renince. (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments